The Legend Is BACK !

Sabtu, 06 Oktober 2012

The Legend Is BACK !


Toyota FJ Cruiser - Renkarnasi Si Legenda FJ

IIMS 2012, (BosMobil.com) - Seakan menjawab kerinduan dari segenap pecintanya, Toyota kembali menghidupkan sosok legendaris FJ40 dengan bentuk renkarnasi yang jauh lebih modern dalam bentuk Toyota FJ Cruiser.

Bukan hanya masalah tampilan juga fitur saja yang telah digarap dengan sentuhan baru, namun juga performa yang turut dikembangkan hingga memiliki kemampuan yang cukup luar biasa.


FJ Cruiser datang membawa gen SUV 4X4 yang pertama kali dikenalkan dalam ajang NAIAS pada 2005 silam dan masuk jalur produksi di 2006 oleh Hino Motors hingga akhirnya resmi dipasarkan pada 2007 dan tiba di Indonesia yang langsung diboyong oleh Toyota Indonesia dalam ajang IIMS 2012 saat ini.


Desain eksterior ala FJ40 serasa melekat pada tampilan Cruiser dengan model lawas pada headlamp, gril lengkap dengan emblem tulisan Toyota serta kaca depan yang lebar. Bahkan untuk lebih mengentalkan kembali nuansa renkarnasinya desain atap berwarna putih karya desainer muda asal negeri Korea-Jin Won Kim dengan dasar fiberglass pun kembali dipakai hingga konsep two-tone yang terdapat pada FJ40 tetap nyata dirasakan.


Masuk ke bagian samping desain pun tetap mengusung tema klasik FJ40 dengan tampilan pintu satunya yang padahal bagian pintu baris kedua masih bisa terbuka dari dalam. Bicara mengenai material, Toyota melaburkan lapisan baja pada rangka yang membuat perlindungan ekstra pada setiap sisinya.


Tak mau kalah, sektor interior juga dibuat sedemikan rupa dengan mengandalkan konsep ergonomis yang didukung berbagai fitur kemudahan juga kemampuan off-road.


Bagian stier terisi dengan tombol instrumen audio control dan lain sebagainya. Bahkan beberapa tuas dan tombol penting dibuat sedikit besar agar memberikan kemudahan dalam pengoprasiannya. Tepat dibagian atas dashboar juga terdapat indikator tambah layaknya, suhu, inklinometer juga kompas yang membuatnya makin kental dengan nuansa adventure.


Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, fitur FJ Cruiser yang saat ini sudah tentu jauh lebih mewah. Sebagai sarana hiburan, Toyota melengkapinya dengan perangkat audio yang terintegrasi oleh Bluettoth, Aux-in, USB, juga gadget lainya yang langsung tersalurkan lewat 6 buah loudspeaker.


Masuk masalah performa, Toyota FJ Cruiser mengusung mesin bensin V6 berkapasitas murni 3.956 cc DOHC VVTi dengan tiga opsi transmisi. 5-speed transmisi otomatis dengan gearboks pengerak roda belakang, 5-speed transmisi otomatis gearboks dan transfercase 4X4 part time juga 6-speed transmisi manual tranfercase beserta limited slip differential pada full-time model 4X4.


Meski diklaim memiliki power 200kW pada 5600 rpm dan torsi 380 Nm pada 4400 rpm namun rasanya cukup tanggung bila Toyota tak melengkapinya sekaligus dengan teknologi Turbo-nya. Sebaliknya, bila bicara soal konsumsi, Anda yang sanggup untuk memboyong mobil ini sudah tentu tak perlu lagi takut memikirkan konsumsi bahan bakarnya bukan...??

teks/foto: stanly

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Pasang Emoticon !

Posting Komentar