Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Selasa, 16 Oktober 2012

Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Setelah pada episode sebelumnya (sinetron forever) kita melihat ulasan seputar All New Avanza, dalam episode kali ini, yuk kita gosipin bagaimana akhir hubungan cinta Fitri dan Farrel..…waduuh maksudnya Suzuki Ertiga. Di awal  tahun 2012 berhembus issue Suzuki akan mengeluarkan Low MPV dengan harga di bawah Avanza, akan tetapi memiliki fitur-fitur kenyamanan menyamai Innova. Berangkat dari sinilah saya begitu tertarik dengan Low MPV yang satu ini. Suzuki Ertiga merupakan line up produk Suzuki Global terbaru yang dikeluarkan  pertama kali oleh Suzuki Maruti di India. Tidak seperti sebagian  Produk Suzuki lainnya yang mendatangkan secara CBU (completely bulit up) dari Suzuki Maruti India seperti Suzuki Splash dan Suzuki Karimun Estilo. Suzuki Ertiga masuk ke Tanah Air dengan konsep CKD (completely knock down)/bongkar pasang, sehingga bisa menekan biaya Produksi. Dengan harga yang sangat kompetitif, pada akhirnya Suzuki Ertiga bisa diakses dengan harga sangat terjangkau dengan Fitur Fitur yang menggugah selera .....tapi nggak pake sambel.
Nama Ertiga merupakan saduran dari nama konsep aslinya Suzuki/R-III (row three) atau tiga baris kursi. Dengan mengadopsi Platform Suzuki Swift untuk ketiga variannya G, GL dan GX,  Ertiga memiliki kenyamanan setaraf sedan dan kabin yang luas untuk memudahkan penumpang keluar ataupun masuk serta  ruang kabin yang terdengar senyap, karena dilengkapi peredam suara yang efektif atau NVH: Noise, Vibration, Harshness (Kebisingan, Getaran, Kekerasan) disekeliling ruang kabin (Suer saya pernah nyobain naek ni mobil en bener kok!). Nilai jual positif  dari Suzuki Ertiga adalah dari Sisi keselamatan pasif maupun aktif. hadirnya teknologi SRS Air Bag, Immobilizer, alarm system, Horn dan Hazard, Warning, ABS + ABD, Side Impact Beam dan MID yang memberikan berbagai informasi yaitu 6 jenis Informasi dan Termometer (panel instrumen interior yang lengkap untuk ukuran mobil dikelasnya) menjadikan Suzuki Ertiga Value for Money (kira2 artinya nilai jual barang cocok ama kuantitas/kualitas barang itu sendiri…….cieee......)  serta terdepan untuk Keselamatan dan kenyamanan berkendara . Untuk sisi interior terlihat nuansa modern dan stylish, instrumen dirancang dengan desain yang modern dan mewah, kemudi dilengkapi dengan Electronic Power Steering dan Tilt steering, switch audio pada stir ditambah Head unit menggunakan integrasi audio system 2 Din yang dilengkapi CD player.  Anyway .....tuh kan pake gaya lagi, untuk interior Ertiga  jujur penilaian saya, sangat keren/ value for money/cocok bila disesuaikan dengan nilai jualnya sendiri.
Baiklah teman-teman, dari sudut eksterior Ertiga, dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya Ertiga emang terlihat simple tapi stylish, bagian depan ada Halogen Headlamp with multi reflectornya, Fog Lamp, Stylish Front Bumper, Front Grille, dan antenna dan ….. kuahnya dikit aja mas ya hihihi !. Serta di sisi samping Body color,terdapat Outside mirror with side turn signal , Body color Door handle (hanya GX, GL), Tire & Alloy Wheel 185/65 R15 dan tampilan body samping yang aerodinamis (I like it), kecuali penampakan lampu belakang yang menurut saya terlalu kecil karena udah abis penampakannya diborong kesamping  ( sueer I don’t like it) akan tetapi sekali lagi saya menggunakan istilah “  But overall is ok ”  dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan simpel dan stylish.
Untuk urusan dapur pacu ertiga mengandalkan……..eh ntar pending dulu ceritanya, saya bingung kenapa kalo urusan mesin mobil, harus dinamain “dapur pacu”, karena seingat saya dari jaman dulu yang namanya mobil nggak punya dapur, ditambah lagi, berpacunya kok di dapur yak ? ya sudahlah nggak usah dibahas, lebih baik saya kembali menceritakan isi dapur pacu Ertiga ( tuh kan nggak enak kedengarannya). Pada dapur pacu, Ertiga telah dipersenjatai (….nih satu lagi, kenapa mobil harus bersenjata coba !) dengan mesin seri K14B  yang terbuat dari bahan material yang lebih ringan agar kinerjanya lebih responsive (kalo yang ini beneran sesuai pas saya nyobain), namun tetap menjaga keefisiensian penggunaan bahan bakar dan telah memenuhi standar EURO-3 sehingga kandungan gas buangnya lebih bersih dari MPV lain umumnya. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 95 Ps pada 6.000rpm dengan torsi maksimum adalah 130 Nm pada putaran 4.000rpm.
Menurut keterangan Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales sebagaimana dilansir pada lipsus.kompas.com  mulai tahun depan, Suzuki Ertiga akan mengeluarkan tiga varian baru modifikasi Ertiga yaitu Ertiga Sporty, Ertiga Luxury dan Ertiga Crossover,  penampakannya dapat diliat di bawah
Ertiga Crossover
Ertiga Sporty
Ertiga Luxury
Untuk gambar-gambar modifikasi Ertiga yang keren (kalo menurut penilaian saya sih) temen-temen dapat langsung meluncur ke tekapehdetiksuzuki.wordpress.com
Okehlah kalo begitu, kesimpulan dari cerpen di atas dapat dilihat dari table di bawah ini :
DIMENSI / DIMENSION
ERTIGA
GA
GL
GX
Panjang Keseluruhan/Overall length
mm
4,265
Lebar Keseluruhan / Overall width
mm
1,695
Tinggi Keseluruhan / Overall height
mm
1,685
Jarak Poros Roda / Wheelbase
mm
2,740
Jarak Pijak Depan / Front tread
mm
1,480
Jarak Pijak Belakang / Rear tread
mm
1,490
Jarak terendah / Ground clearance
mm
185
Radius putar minimum / minimum turning radius
m
5.2
MESIN / ENGINE
Jenis / Type
K14B
Silinder / Cylinder
4 in-line
Jumlah katup / Number of valves
16
Isi silinder / Piston displacement
cc
1,373
Diameter x langkah / Bore x Stroke
mm
73.0 x 82.0
Perbandingan kompresi / Compression ratio
10
Daya maksimum / Maximum output
PS/rpm
95/6,000
Momen puntir maximum / Maximum torque
Nm/rpm
130/4,000
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution
Multi point injection
TRANSMISI / TRANSMISSION 5MT
Perbandingan Gigi / Gear ratio
1
3.909
2
2.043
3
1.407
4
1.064
5
0.815
Mundur/reverse
3.250
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio
4.687
RANGKA / CHASIS
Sistem kemudi / Steering
Rack& Pinion
Suspensi / Suspension
Depan/front
MacPhersostnr ut with coil spring
Belakang/rear
Torsionb eamw ithc oils pring
Rem / Brakes
ABS
-
ABS (EBD&BA)
Depab/front
Ventilated disc
Belakang/rear
Leading / Trailing Drum
Ukuran ban / Tyres
185/65 R15
BERAT / WEIGHT
Berat kendaraan kosong / Curb weight
Kg
1160
1175
1180
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight
Kg
1760
KAPASITAS / CAPACITY
Tempat duduk / Seating capacity
Orang / person
7
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity
Liter / litres
45
Source : promosuzuki.com

capek rasanya ngetik dari abis dhuhur, udah waktunya shalat ashar, akhirnya hanya kepada teman-teman penilaian untuk mobil ini kuserahkan, …..sampai bertemu pada episode cinta fitri berikutnya………  tuh kan salah lagi... maksudnya episode automotif lounge berikutnya, ....salaaaaaaaam. 

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Pasang Emoticon !

Posting Komentar