Suzuki Alto akan Datang ! (Renungan buat Agya dan Ayla).

Sabtu, 03 November 2012

Suzuki Alto akan Datang ! (Renungan buat Agya dan Ayla).

Salam untuk sobat  semua, setelah sekian lama, kali saya mencoba kembali mencoba mereview tentang mobil murah. Jujur Sob, sebenarnya saya geli sendiri membaca judul artikel kali ini, tapi karena saya sudah keabisan ide, ya udah saya lanjut aja (sejujurnya saya nggak setuju kalo mobil bisa-bisanya disuruh merenung… serius !). Ok, Sob kita mulai aja yah, Toyota dan Daihatsu sah sah memiliki mobil murah Agya dan Ayla yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Tapi, informasi baru yang kita dapatkan akhir-akhir ini, justru di India Suzuki sudah meluncurkan Alto 800 dengan harga termurahnya kira-kira Rp 47,3 juta dan termahalnya Rp 68,4 juta (kabarnya dalam waktu dekat juga akan merambah pasar Indonesia), artinya Jika di Indonesia mobil murah, masih on process untuk regulasinya di India ngebut duluan.  

Brojol pada tahun 2000, Alto saat itu langsung menjelma menjadi mobil terlaris di India, Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India, dalam situs resminya mengatakan bahwa Alto mengekspresikan penghargaan Suzuki kepada seluruh konsumen yang menaruh kepercayaan besar pada model ini, karena berhasil menjadi mobil terlaris di India selama delapan tahun berturut-turut.  Suzuki, Alto yang dilabel sebagai mobil murah memiliki  wajah  yang lebih up to date untuk melawan  tandingannya.

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Samping

Gambar : ridwanmobil.com
Suzuki Alto  yang dilepas oleh Maruti Suzuki di Bollywood…..  eeh maksud ane di India gitu…., adalah penyempurnaan dari Alto yang ada sekarang. Suzuki  Alto adalah  pilar Suzuki di India, sehingga dengan hadirnya  Alto baru diharapkan irama penjualan (Sobat setuju nggak ?  kalo lagi jualan pake irama…hihihi)  dapat  terus terjaga meski banyak pula  mobil murah lainnya menebar pesonanya masing-masing  ( tuh..kan bukan orang aja yang bisa ganjen,  mobil juga bisa  ! ).

Sobat sekalian, Suzuki Alto merupakan mobil Suzuki dengan konsep ramah lingkungan. Jadi untuk urusan murah dan ramah lingkungan, Suzuki alto akan bersanding/saing….sambil lirik-lirikan….. dengan Agya dan Ayla. Dengan konsep mobil murah dan ramah lingkungan, harga Suzuki alto diperkirakan berharga dibawah 100 juta rupiah (tergantung regulasi pemerintah Indonesia tentang konsep mobil murah dan ramah lingkungan). Karena tidak pastinya regulasi ini membuat produsen mobil murah di Indonesia harus menunggu tanda start dibunyikan untuk dapat berpacu di lintasan produksi …..dan yang terakhir baru bagi-bagi mendali (…..emang olimpiade atletik). 

Ok. Sobat, selanjutnya kita kunjungi bagian mesin Suzuki Alto yuk. Pada  reaktor penggerak Alto,  hadir sebongkah mesin lebih kurang  800 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm,  yang katanya memiliki efisiensi 15 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.1 liter bensin untuk berjalan sejauh 22,74 km.  sebagaimana dilansir oleh detik Oto  kutipan dari Wall Street Journal  "Ini adalah mobil murah yang memiliki banyak kelebihan," ungkap chief operating officer, marketing and sales, Maruti Suzuki India Mayank Pareek. Tapi meskipun  mengeluarkan Alto bermesin 800 cc , Suzuki ternyata akan tetap menjual Alto bermesin K10 berkapasitas 998 cc dan untuk Alto yang satu ini Suzuki mengklaim kalau mereka telah menerima pesanan hingga 10.000 unit.  Langkah Maruti Suzuki ini menguatkan komitmen Suzuki Indonesia ikut serta dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Apalagi, dari spesifikasi tidak berbeda jauh dengan Ayla-Agya yang udah curi start duluan.

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Depan
Gambar : ridwanmobil.com

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Belakang
Gambar : ridwanmobil.com

Selanjutnya jika melihat desain exterior , grill dengan model hexagonal serta garis body mobil yang tegas akan terlihat jelas pada Suzuki alto. Dengan dimensi panjang 3395 mm, lebar 1490 mm dan tinggi 1475 mm serta bobot mencapai 725 kg ditambah wheelbase 2360mm akan memperlihatkan konsep mobil yang simple dan ekonomis dengan tidak meninggalkan prinsip keindahan. Pada desain interior, aroma minimalis menyambut kita dengan warna silver pada dashboard, trim dan kemudi yang menjadikan mobil dengan konsep murah ini tetap terlihat elegan dan berwibawa ….kayak ane gitu……(plaaakh masing-masing 3X  kiri dan kanan …aduh… caciiit ! …..iya janji….sambil kasih tanda “pis” ane nggak pake gaya lagi). 

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Dashboard
Gambar : ridwanmobil.com

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Kokpit
Gambar : ridwanmobil.com

Jadi kesimpulan dari cerita di atas untuk gambaran umum berupa dimensi maupun spesifikasi Suzuki Alto dapat kita lihat dibawah ini :

Dimensi  :
    • Panjang x Lebar x Tinggi: 3395 mm X 1490 mm X 1475 mm
    • Wheelbase: 2360 mm
    • Ground clearance: 160 mm
    • Kapasitas Penuh Tangki: 35-liter
    • Bobot: 720 kgs
Spesifkasi :
    • Mesin: 796 cc, 3-Silinder, 12-valves
    • Power: 47.5 BHP @ 6000 RPM 
    • Torque: 69 Nm @ 3500 RPM
    • Transmisi: 5-speed manual
    • Top Speed: 140 km/h 0-100 km/h: 19 seconds (est)
    • Konsumsi Bahan Bakar: 16-17 km/l (City), 18-19 km/l (highway) 
    • Jenis BBM : Bensin….Pertamax juga boleh kalo banyak duitnya. 
    • Suspensi: Mcpherson Struts (Front), Coil Springs (Rear)
    • Ban: 145/80/12 Tubeless Radials 
    • Rem: Disc (Front), Drum (Rear) 
    • Sistem Pengamanan: iCats Immobilizer, Driver Side Airbag (Optional)
Menurut rencana Suzuki alto ini diharapkan sudah beredar di Indonesia di tahun 2013. Semoga regulasi mobil murah dan ramah lingkungan Indonesia secepatnya dapat ditentukan oleh pemerintah Indonesia sehingga mendapat kepastian tentang harga Suzuki alto dan mobil murah lainnya ketika berpacu di Indonesia. Sobat sekalian, makasih ya, udah mampir di blogku yang sederhana ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Terkait

1 komentar:

  1. suzuki ertiga belum tercapai sudah muncul yang baru. Selamat buat suzuki, semoga mimpiku jadi kenyataan

    BalasHapus