Jumat, 26 Oktober 2012

Pilih Aku atau Dia ! ( Kisah Agya dan Ayla )


Akhirnya setelah sekian lama tidak bersua, baru kali ini saya berkesempatan kembali menemani teman-teman dalam artikel otomotif (kali ini saya seperti penyiar radio yak!),  dalam kesempatan ini daripada bengong sambil ngupil (..….iiih merinding membayangkannya, jika lagi gituan, terus dipoto wartawan kompas terus jadi headline besoknya dengan judul  “ BERPACU DENGAN UPIL ”…iiiih nggak lepel, berpacu kok dengan upil), lebih baik kita bahas siapa sih sebenarnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla,  Karena memang sekarang mobil murah sedang menjadi trending topic, khususnya kedua brand tadi. Sebelum kita kupas Agya dan Ayla, saya ingin menyampaikan kekaguman dengan strategi Toyota dan Daihatsu dalam pasar otomotif tanah air. Di awal tahun 2004, kalo saya nggak salah mereka langsung menggebrak dengan  “ Low MPV kembar ” Avanza dan Xenia, dan ketika produsen lain mencoba untuk “ belajar “ bersaing di kelas dimaksud dengan mengeluarkan produk tandingannya, eeh malah dua perusahaan tadi “ curi start ” dengan ngeluarin mobil murah ( Low Cost Green Car/LCGC ) dengan sikembar city car Agya dan Ayla…. Ruaaar Biasa !.
Nama Agya berasal dari bahasa sanskerta yang artinya cepat, sedangkan Ayla berarti cahaya. Toyota Agya menggunakan logo burung garuda, Daihatsu Ayla menggunakan logo huruf A.

 Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Tampilan Depan
Gambar : ridwanmobil.com

Sebagaimana yang telah dirasakan oleh saudara kembar mereka sebelumnya Avanza/Xenia (artis senior/papan atas), Agya dan Ayla (artis pendatang baru) selalu menjadi  pembicaraan intens akhir-akhir ini, baik pro maupun kontra (sama yak ! dengan dunia politik pas mau pilkada), sebagai LCGC generasi pertama tentu mobil ini menjadi  pertimbangan utama bagi masyarakat yang pengen ganti kendaraannya dari roda dua ke roda empat.  Agya dan Ayla sebagai mobil rakyat memang mempunyai ciri khas tersendiri penampilannya menarik sekaligus bersahaja (kayak pendekar2 Kopingho).  Walaupun mereka digolongkan mobil murah, sehingga ada fitur-fitur standar yang hilang, akan tetapi menurut saya fungsi utamanya sebagai alat untuk ngajak keluarga jalan-jalan bisa tercapai, pengen seger tapi ACnya nggak ada ya buka jendela angin ribut pasti masuk (kaciaaan), pengen dengerin lagu tapi tapenya kagak ada, kan hape sekarang udah banyak yang speaker on (pokoke lagunya kedenger), betulin kaca spion,  dari jaman babeh kita dulu juga manual aja tuh (jangan manja deh), dan lain lain, prinsip utamanya menurut saya adalah dengan harga murah Agya dan Ayla banyak keluarga Indonesia yang senang dan terpenuhi keinginannya untuk memliki mobil baru (yang modalnya pas-pasan pasti jatuh cinta berat sama Agya dan Ayla sebagaimana semboyan LION AIR “ Everybody Can Fly = Everybody Can have a New Car “ hehehe).
 Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Belakang
Gambar : ridwanmobil.com 
seperti halnya avanza-Xenia dan  Rush-Terios, Agya dan Ayla lahir bersamaan dan menjadi produk kembar akan tetapi tidak berarti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak mempunyai perbedaan. baik dari eksterior maupun interior/ fitur yang ada didalamnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla justru memiliki perbedaan yang mendasar walaupun dari model eksterior saya akui, keduanya sama-sama menggugah selera. Pertama Toyota Agya berlogo emblem burung garuda berbingkai elips sedangkan pada Daihatsu Ayla berbentuk menyerupai huruf A berbingkai elips sedangkan pada bagian belakang mobil, Toyota Agya mempunyai logo “Astra Toyota” sedang Daihatsu Ayla menempelkan logo “Astra Daihatsu”.
Okelah, sekarang yuk kita lihat  beberapa perbedaan antara Agya dan Ayla. Dalam hal desain grill, bemper, dan fog lamp Agya dan Ayla sangat berbeda. Agya memilih grill model smile yang elegant sedangkan Daihatsu Ayla memilih grill yang tinggi dari bawah sampai ke kap mesin “ sporty look  “ ….mirip mitsubishi evo gitulah. Kemudian pada versi termurahnya Ayla tidak dilengkapi Fitur airbag, headrest sehingga dari segi kelengkapan, baru terlihat  bahwa Ayla tipe terendah tidak akan dilengkapi AC, Power Steering, Power Window, dan audio. Hanya versi tertinggi Ayla
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Toyota Agya Tipe G MT
Gambar : ridwanmobil.com
yang dilengkapi semua itu sedangkan untuk versi tertinggi Agya, telah menghadirkan fitur seperti air bag, AC, power window, power steering, electric mirror, audio dll. plus ditambahi airbag sebagai pelindung pengemudi dan juga body kit ala TRD-S yang membuat Agya sehingga beraroma sporty (relatif lebih lengkap dibandingkan Ayla) sehingga dipastikan harga Daihatsu Ayla yang dibanderol Rp.75 jt  s/d Rp.105 jt. akan lebih murah dibandingkan Toyota Agya walaupun harga resminya belum diumumkan.
Mengenai beda desain menurut Mark Widjaja, sang perancang, "Karena Toyota dan Daihatsu sekarang memiliki Corporate Identity masing-masing. Agar masing-masing memiliki ciri masing-masing. Supaya dari jauh bisa ketahuan mana yang Toyota dan mana yang Daihatsu. Dan ini berbeda dengan Xenia dan Avanza, dimana kandungannya harus bagus, bagasinya luas, dan namanya juga harus lokal. Selain itu kan yang mendesain Daihatsu Motor, padahal waktu itu Daihatsu dari berbagai negara seperti yang berada Prancis dan Italia juga mengajukan. Tapi ternyata kita (Astra Daihatsu Motor) yang dipilih," ungkapnya. 
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Daihatsu Ayla Tipe Xi AT
Gambar : ridwanmobil.com

Akan tetapi dengan label mobil murah, terkadang kita harus obyektif terhadap performa yang kita dapatkan dari Agya dan Ayla (iya iya gan ane ngerti , kagak minta macem2...kwek!), antara lain Dengan kapasitas mesin yang kecil sekitar 1000 cc untuk ukuran mobil hatch back city car maka tenaga yang dihasilkan juga sekedar saja yakni 65 ps saja sehingga akselerasi pastinya jugaakan lambat, untuk mencapai speed 100km/jam memerlukan waktu sekitar 14 detik. Bobot  ringan juga membuat kedua mobil ini tidak cocok untuk akselerasi cepat.
Akan tetapi pula dalam label murah tersebut,  Agya dan Ayla memiliki nilai plus seperti dirancang melalui waktu pengembangan selama tiga tahun sehingga dari segi keamanan dan kenyamanan mobil ini bisa dikedepankan. peraturan Low Cost and Green Car (LCGC) mengikat Agya dan Ayla sehingga harganya murah dan ramah lingkungan.  Agya dan Ayla sangat irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena menggunakan mesin Model baru yang menyasar segmen pembeli mobil pemula (entry level) tersebut mengusung mesin 998 cc DOHC fuel injection dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 30km/liter. Salah satu syarat LCGC sendiri antara lain konsumsi BBM kendaraan tersebut minimal sebesar 22 km/liter.
, kemudian Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki kabin  yang luas dan nyaman dengan kapasitas 5 penumpang  (...5 penumpang cukup saya pikir karena kalo pengen 20 atau 25 itu namanya bus antar kota hihihi). Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikerjakan dengan persentase 84% konten Indonesia sehingga layak perintis proyek mobil nasional.  Yang terakhir dan  paling penting menurut saya adalah keinginan masyarakat tentang mobil murah dan terjangkau dari sisi harga telah dijawab oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Interior
Gambar : ridwanmobil.com

Sebagaimana dilansir dalam pemberitaan-pemberitaan dunia otomotif, pidato yang disampaikan Presdir Daihatsu Motor Corp (DMC) Koichi Ina maupun Wakil Presdir Toyota Motor Corp (TMC) Yukitoshi Funo, jelas terlihat harapan bahwa mobil hasil kolaborasi itu bisa masuk dalam program LCGC, karena didesain khusus untuk pasar Indonesia, meskipun tidak tertutup kemungkinan model yang diproduksi di Indonesia itu diekspor ke mancanegara.
Dengan demikian, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla merupakan bentuk keberanian Grup Astra tetap melaju di tengah segmen pasar otomotif yang relatif baru, meski insentif yang dijanjikan belum kunjung datang.
Overall (kata yang nggak mungkin dilupakan dalam setiap penulisan artikel….abis keren sih) walau sekedar preview prospek positif yang menjanjikan kepada Agya dan Ayla dapat kita rasakan. Sekaligus memberi gambaran tentang LCGC , Walau sampai saat ini kebijakan LCGC belum kelar-kelar juga, tapi dengan adanya tampilnya  Agya dan Ayla (lama-lama perasaan, kok kayak orang pacaran ya, …..mirip ratna dan galih gituuu) dapat membuat produsen mobil lain terangsang  mengeluarkan produk tandingannya dan  menjadi jawaban bagi kita bahwa LCGC bukan MIMPI BELAKA, ceriiiiiiiio, bye bye, da da pusiiiiiinng ! ( lebay … mode on). 


Baca Selengkapnya →Pilih Aku atau Dia ! ( Kisah Agya dan Ayla )