Senin, 15 Oktober 2012

Yuk Kita Ulas All New Avanza !

Yuk Kita Ulas All New Avanza !
Terus terang ini pertama kali ini saya mencoba menulis artikel otomotif untuk blog saya, karena sebelumnya hanya copy paste (dengan menyebutkan sumber) dari blog atau website orang lain dan jujur saya nggak nyaman dengan kondisi itu. Kali ini daripada bengong sambil ngomongin orang (…gimana yak! lagi bengong kok bisa ngomong), mungkin lebih baik dengan segala keterbatasan, saya mencoba menulis terkait Low MPV yang sedang hangat dibicarakan atau digosipkan (kayak artis aja digosipin) yaitu All New Avanza, kalo kakaknya katanya orang sih dijuluki sebagai mobil sejuta umat walaupun yang digosipin nggak pernah sekalipun berdakwah dan mengaji….becanda hehehe.Okeh tanpa banyak berbasa-basi yuk kita bedah dan menyimak The King of Low MPV Indonesia  (kedepannya nggak tau tuh apa masih bisa jadi the king) melalui referensi blog/website otomotif yang mengulas tentang si raja hutan eeh…..maksudnya si raja low MPV ini sebelumnya.  
avanza veloz
Baiklah teman-teman, untuk model terbaru Avanza ini, secara keseluruhan dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya memang terlihat memiliki perubahan yang sangat mendasar, dan saya suka itu, kecuali penampakan bodi belakang yang menurut saya klonengan (mirip) Honda Jazz (coba di cek aja). But overall is ok dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan sporty dan macho.
 All New Avanza 2012 samping
begitu pula apabila kita melongok ke dalam (interior) mobil, perubahan mendasar juga diperlihatkan oleh All New Avanza ini. Dashboard yang elegan dengan kombinasi warna abu-abu dan hitam seakan mempertegas kesan sporty dan macho ditambah audio controller pada stir yang tentunya dilengkapi dengan fitur audio standar lainnya (Hanya pada Veloz). Kemudian pada kisi-kisi AC bagian tengah lebih lebar dan menggunakan blower tambahan sehingga tingkat kesejukan dipastikan akan berbeda dengan kakaknya.
All New Avanza 2012 kokpit
Namun sayangnya pada fitur keselamatan, Veloz sebagai varian tertinggi dari All New Avanza belum dilengkapi dengan airbag pada kedua sisi (hanya pada sisi penumpang), dan untuk sistem pengeremannya telah dilengkapi dengan ABS.
Nah sekarang kita coba masuk pada varian dan spesifikasi  All New Avanza :
All New Avanza 1.3 E M/T
All New Avanza 1.3 E A/T
All New Avanza 1.3 G M/T
All New Avanza 1.3 G A/T
All New Avanza 1.5 G M/T
All New Avanza Veloz 1.5 M/T
All New Avanza Veloz 1.5 A/T

Dimensi
Panjang: 4.140 mm
Lebar: 1.660 mm
Tinggi: 1.695 mm
Wheelbase: 2.655 mm
Ground clearance: 200 mm
Jarak pijak: depan 1.425 mm, belakang 1.435 mm

Sasis
Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic
Sistem kemudi: Rack & pinion with Electronic Power Steering (EPS) & Tolt Steering
Suspensi depan: MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang: 4 link lateral rod with coil spring
Rem depan: Ventilated disc
Rem belakang: Tromol
Ukuran ban: 1.3 liter: 185/70 R14 1.5 liter: 185/65 R15

Mesin
Tipe mesin: IL, 4 cylinder, 16 V, DOHC, VVT-i
Bahan bakar: Bensin
Sistem: Electronic Fule Injection (EFI)
Kapasitas tangki: 45 liter
1.3 liter
Kode mesin: K3-VE
Displacement: 1.298 cc
Daya maksimum: 92 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 11,9 kgm di 4.400 rpm
1.5 liter
Kode mesin: 3SZ-VE
Displacement: 1.495 cc
Daya maksimum: 104 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 13,9 kgm di 4.400 rpm -

Pada point of view dimensi (ciiee…. Gayanya poin op piu) di atas , terutama pada panjang dan lebar terdapat kelebihan dibandingkan dengan kakaknya dulu. Menurut saya sih, ini sedikit banyaknya berpengaruh positif  pada stabilitas mobil itu sendiri. Pada spesifikasi sasis dan mesin kalau saya boleh menilai dan merujuk pada komentar temen-temen, secara keseluruhan yah ampir nggak ada bedanya kalo adapun nggak cukup significant (horee akhirnya pake kata siknipikan dan nulis artikel sendiri). semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Baca Selengkapnya →Yuk Kita Ulas All New Avanza !

Minggu, 14 Oktober 2012

Gallardo Facelift Masuk Indonesia 2013


Lamborghini Indonesia Boyong Gallardo Facelift Tahun Depan


Lamborghini Indonesia Boyong Gallardo Facelift Tahun Depan
Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale (Foto: Topspeed)


Otosia.com - Penjualan Lamborghini di Indonesia tahun ini menunjukkan trend positif. PT. Artha Auto, sebagai agen Lamborghini Indonesia, mengumumkan bahwa mobil sport mewah asal Italia tersebut telah terjual sebanyak 30 unit.
Chief Operating Officer PT. Artha Auto, Endy Kusumo, mengatakan, dengan banderol hampir Rp. 10 miliar tiap unit, Lamborghini cukup diminati konsumen di Tanah Air. Penjualan di Jakarta didominasi model Lamborghini Aventador dan Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale, dengan persentase 'fifty - fifty'.
Endy menambahkan, di sela-sela acara kontes foto 'Lamborghini in the Old City' di Jakarta, Sabtu (13/10), Lamborghini Jakarta akan menghadirkan Lamborghini Gallardo LP 570-4 (facelift) pada tahun depan. Model terbaru itu telah diluncurkan di Paris Motor Show 2012.
Pada tahun ini, Lamborghini Jakarta hanya meluncurkan dua varian, yaitu Lamborghini Aventador dan Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale.(kpl/bun)
Sumber : otosia.com


Baca Selengkapnya →Gallardo Facelift Masuk Indonesia 2013

Mesin Mobil Terbaru Kejutkan Industri Otomotif.

Dok. "PRLM"
Dok. "PRLM"


DETROIT, (PRLM).- Para peneliti di Michigan State University telah membuat prototipe mesin bensin yang tidak memerlukan transmisi, poros engkol, piston, katup, kompresi bahan bakar, dan sistem pendingin. Mesin jenis baru ini diberi nama Wave Disk Generator (generator piringan gelombang) yang mampu meningkatkan efisiensi mobil hibrida bensin-listrik lebih besar dan berpotensi mengurangi emisi hingga 90 persen bila dibandingkan dengan mesin pembakaran konvensional.
Seperti dikutip News Discovery, Rabu (6/4), mesin ini memiliki rotor yang dilengkapi dengan saluran-saluran mirip gelombang yang memerangkap campuran oksigen dan bahan bakar ketika rotor berputar. Lubang masukan pusat kemudian diblokir, menciptakan tekanan dalam ruangan, menyebabkan gelombang kejut yang menyalakan udara terkompresi dan bahan bakar untuk mengirimkan energi.
Wave Disk Generator menggunakan 60 persen bahan bakar untuk mendorong, sementara mesin-mesin mobil standar menggunakan hanya 15 persen. Sebagai hasilnya, generator ini memiliki efisiensi bahan bakar 3,5 kali mesin pembakaran konvensional.
Para peneliti memperkirakan model baru ini bisa memangkas hampir 1.000 pon bobot mobil yang menggunakan sistem mesin konvensional.
Pekan lalu, prototipe ini dipertunjukan ke divisi energi dari Advanced Research Projects Agency, yang mendanai Michigan State University Engine Research Laboratory sebesar $ 2,5 juta.
Tim insinyur dari Michigan State berharap untuk memiliki versi mobil berukuran 25-kilowatt, yang prototipe-nya siap di akhir tahun. (Aya/das)***
Baca Selengkapnya →Mesin Mobil Terbaru Kejutkan Industri Otomotif.

Maaaak Nggak kuat Liatnya (Ngileer Mode ON) ....- Modifkasi Range Rover Evoque.


3 Wajah Modif Keren Range Rover Evoque



(artikel2artikel.blogspot.com) - Land Rover Range Rover Evoque pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 di ajang Los Angeles Auto Show. Berbasis pada mobil konsep Land Rover LRX 2008, Evoque diperkuat oleh mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 240 hp pada putaran mesin 5500 rpm.

Body crossovernya yang menawan bukan hanya membuat SUV ini tampil gagah, namun juga mewah dan elegan. Dan bagi sebagian orang tampil standar bukanlah sebuah kepuasan. Berikut beberapa versi Range Rover Evoque hasil sentuhan tangan-tangan profesional nan indah dan menawan.

Range Rover Evoque Rouge Edition 
Merupakan buah tangan modifikator asal Irlandia Onyx Concept.

Range Rover Evoque ‘Horus’
Range Rover yang satu ini menjelma menjadi Dewa "Horus" berkat tangan-tangan terampil modifikator asal Jerman Loder1899.

Range Rover Evoque RS2560
Adalah karya modifikator kenamaan asal Inggris Kahn Design, menurut Afzal Kahn, sang desainer, sentuhannya pada Evoque ini dilakukan sepenuh hati dan jiwanya.

Baca Selengkapnya →Maaaak Nggak kuat Liatnya (Ngileer Mode ON) ....- Modifkasi Range Rover Evoque.

Jumat, 12 Oktober 2012

Mobil Murah BERBAHAYA ?

Bahaya Mobil Murah
Headline
indonesianmotorshow.com


(ekonomi.inilah.com) - BARU saja masuk Indonesia 11 September lalu, Tata Motors langsung menggebrak. Tata Nano, merek mobil yang diproduksi pabrikan asal India ini, tampil di depan publik, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis pekan lalu.
Tata Motors menampilkan 13 line up, mulai dari kendaraan penumpang hingga komersial. Mobil yang mereka pamerkan warna-warni, yang begitu mencolok mata orang yang melihat. Maklum, selain penuh warna, Tata Nano adalah mobil termurah sejagat yang di negeri asalnya dipasarkan hanya sekitar Rp 20 juta sampai Rp 30 juta. “Kami yakin, kendaraan yang kami produksi adalah pilihan bagi konsumen di Indonesia,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur Tata Motors Indonesia.
Biswadev benar. Selain harganya murah, mobil mungil yang sering disebut city car ini, kini banyak digandrungi konsumen di Indonesia. “Permintaannya diluar perkiraan,” kata Johny Darmawan, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kepadaInilahREVIEW.
Ini pula yang dilirik sejumlah produsen mobil dari berbagai negara. Awal Agustus lalu, misalnya, Honda meluncurkan Honda Brio. Mobil mungil empat penumpang ini bakal menjadi pesaing baru city car, seperti Kia Picanto, Hyundai Atoz atau Chevrolet Spark.
Dibandingkan Honda Jazz, City S atau Freed, harga Honda Brio memang lebih miring. Mobil dengan lima varian warna ini dijual mulai dari Rp 153 juta hingga Rp 175 juta. Sales Counter Dealer mobil Honda Anugerah, Yoeno Ekopoetranto menuturkan, sejak diluncurkan di Yogyakarta, inden Honda Brio telah mencapai 35 unit. Konsumen harus menunggu satu hingga dua bulan untuk memiliki mobil ini.
Memang, tak salah kalau banyak konsumen kini memburu city car. Selain murah, city carmenjadi pilihan kendaraan perkotaan, yang kini banyak didera kemacetan. Booming city carbukan sekadar mengikuti tren desain mobil masa kini. Namun, karena mobil ini cepat diterima masyarakat.
Lihat saja antusiasme Toyota dan Daihatsu yang melakukan kolaborasi untuk membuat mobil murah ramah lingkungan. Dua produk itu adalah Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. “Dua produk ini akan dijual dengan harga terjangkau dan efisien dalam konsumsi bahan bakar,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto.
Berapa harganya? “Kisaran harganya sekitar Rp 75 juta sampai Rp 105 juta. Jadi, benar-benar murah,” ungkap Amelia Chandra, juru bicara PT Astra Daihatsu Motor. Selain murah, mobil ini juga ramah lingkungan.
Daihatsu bakal memproduksi sebanyak 150 ribu unit sampai akhir tahun ini untuk mobil Ayla, sementara Toyota 450 ribu unit Agya. Ini berarti, dari dua merek ini, akan ada 600 ribu mobil baru yang akan melaju di jalan raya.
Di Bawah Rp 100 Juta
Produsen lain yang juga telah menyiapkan mobil murah adalah Nissan dan Suzuki. Nissan akan menghidupkan kembali produk Datsun di Indonesia pada 2014 mendatang. Mobil murah Datsun akan dijual dengan kisaran harga US$ 6.200 atau sekitar Rp 60 juta.
Sebelumnya, Suzuki telah memperkenalkan dua model yang ditenggarai menjadi calon mobil murah di Indonesia. Kedua model itu adalah jenis city car, yakni Suzuki ALto dan Concept-G.
Suzuki Alto memang telah dirilis di India dengan banderol sekitar Rp 46 juta. Mobil yang diklaim hanya membutuhkan bensin 19,73 km/liter dipersenjatai mesin berkapasitas 796 cc bertenaga 47 hp pada 6.200 rpm, serta torsi 62 Nm pada 3.000 rpm.
Sedangkan Suzuki Concept-G hadir dalam bentuk konsep di IIMS 2011. Mobil kecil memang mengambil basis dari Suzuki Alto versi Jepang. Concept-G menggunakan mesin 680 cc. Jika kelak diproduksi missal, mobil ini akan dibanderol di bawah Rp 100 juta.
Mobil murah lain yang akan bersaing di pasar adalah Esemka Rajawali. Mobil yang akan diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi pada Oktober mendatang ini, disebut-sebut akan dijual Rp 95 juta per unit. Mobil buatan pelajar SMK di Solo ini, bulan lalu telah lulus uji emisi yang dilalukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulis (BTMP) di Serpong, Tangerang.
Pendek kata, pasar Indonesia akan dibanjiri mobil murah dengan ukuran kecil. Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto mengatakan, pasar otomotif Indonesia sangat potensial lantaran jumlah kelas menengah yang mencapai 40 juta orang. Bahkan, jumlah kelas menengah Indonesia diprediksi meningkat hingga 90 juta orang pada 2030 nanti. "Dengan pertumbuhan GDP rata-rata 6%, angka itu sangat fenomenal dan yang terbaik di Asean," ujarnya.
Apalagi, katanya, jumlah penetrasi kendaraan Indonesia sangat rendah, yakni 1:20 atau satu mobil dipakai oleh 20 orang. Angka itu masih tertinggal jauh dari Malaysia dengan perbandingan 1:3 atau Korea Selatan 1:4.
Itulah kenapa, Astra sampai berani merogoh Rp 2,1 triliun untuk memproduksi Agya dan Ayla di pabrikmereka di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.
Tentu saja, tak hanya Astra yang melirik pasar potensial ini, tapi juga Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan pabrikan lainnya. Tata Motors, misalnya. Produsen mobil Tata Nano ini akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk kendaraan penumpang. Sebelumnya, Tata telah membangun pabrik di Thailand pada 2007. Pabrik di Negeri Gajah itu bukan untuk kendaraan penumpang, melainkan kendaraan komersial.
Berapa dana yang akan dikeluarkan oleh Tata Motors? Belum jelas. Hanya saja di Thailand, mereka sampai menggelontorkan US$ 500 juta atau hampir Rp 5 triliun untuk membangun pabrik yang bisa menghasilkan 500 unit mobil saban bulan. Bisa jadi, Indonesia akan lebih besar karena potensi pasar otomotifnya juga lebih besar.
Tambah Macet
Yang jelas, mobil murah sebentar lagi bakal menjejali jalan-jalan di Indonesia, terutama Jakarta yang kemacetannya sudah begitu parah. Bahkan, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian Pekerjaan Umum Setiabudi Albamar memperkirakan, tahun 2014 Jakarta akanstuck karena jumlah kendaraan telah melebihi kapasitas jalan.
Data Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memperlihatkan, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta hingga 2011 sudah mencapai 13.347.802 unit. Jumlah tersebut terdiri dari mobil penumpang sebanyak 2,54 juta unit, mobil muatan atau truk 581 ribu unit, bus 363 ribu unit, dan sepeda motor 9.861.451 unit. Ditlantas memprediksi, pertumbuhan kendaraan pada 2012 sekitar 10%-12%.
Ironisnya, saat ini panjang jalan di Jakarta hanya 7.208 kilometer. Padahal kebutuhan jalan sampai tahun ini sepanjang 12.000 kilomter. "Itu berarti jalan yang tersedia saat ini baru memenuhi 60% kebutuhan masyarakat Jakarta atas jalan," kata Setiabudi. “Jika sistem transportasi tak segera dibenahi, lalu lintas di Jakarta pada 2014 akan mandek.”
BBM Terkuras
Itu baru kemacetan. Belum lagi mobil-mobil murah ini dikhawatirkan akan mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dalam jumlah cukup besar. Asal tahu saja, realisasi konsumsi BBM bersubsidi hingga Agustus lalu sudah mencapai 29,32 juta kiloliter. Padahal, kuota BBM bersubsidi pada APBN-P 2012 dipatok sebesar 40 juta kiloliter. Artinya, jatah hanya tinggal 10 juta kiloliter.
Sisa jatah yang tinggal 10 juta kiloliter itu diperkirakan tidak cukup sampai akhir tahun ini. Karena itu, beberapa hari lalu, pemerintah telah meminta persetujuan DPR untuk menambah kuota BBM bersubsidi 4 juta kiloliter.
Tentu saja, jebolnya kuota subsidi BBM bakal menambah subsidi BBM yang semula dipatok sebesar Rp 137,4 triliun. Celakanya lagi, pemerintah tak punya peluang menaikkan harga BBM bersubsidi. Sebab, harga minyak Indonesia (ICP) saat ini berada di kisaran US$ 99 per barel, jauh di bawah ICP dalam APBN-P 2012 sebesar US$ 105 per barel.
Memang, tak semua mobil murah itu rakus minum BBM bersubsidi. Contohnya Ayla. Dengan mesin di bawah 1.300 cc, Ayla diklaim hanya mengonsumsi bahan bakar dengan rasio 1:30. Bila benar, ini tentu saja sangat irit.
Nah, untuk mobil yang irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan banyak memakai komponen dalam negeri atau yang dikenal dengan sebutan low cost green car(LCGC), pemerintah berjanji akan memberikan insentifberupa pembebasan atau pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM). Kabarnya, beleid baru ini akan dikeluarkan bulan depan.
Yang jelas, nanti perbankan dan multifinance bakal kebanjiran kredit pembelian mobil. Maklum, hampir 75% pembelian mobil dilakukan lewat kredit. Nah, di saat itulah perbankan dan multifinace akan menghadapi ancaman kredit macet.
Oleh: Latihono, Iwan P, Vinsensius,
Sumber : ekonomi.inilah.com


Baca Selengkapnya →Mobil Murah BERBAHAYA ?