Jumat, 05 Oktober 2012

Mobil Murah Mengancam Mobil Bekas.


Agya & Ayla Ancaman buat Mobil Bekas

detail berita
F : Astra Daihatsu Ayla (Septian P/Okezone)

JAKARTA – Selain terganggu oleh adanya IIMS 2012, penjualan mobil bekas di September nampaknya juga terganggu dengan kehadiran mobil murah yang mulai diprakarasi oleh Toyota dan Daihatsu.
 
Meski regulasi LCGC belum dilahirkan dan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla belum punya harga resmi, tapi sudah bisa mempengaruhi penjualan mobil bekas. Harga mobil bekas turun dari Rp5 juta hingga Rp10 jutaan.
 
“Efek mobil murah Agya dan Ayla itu sudah terasa sekarang. Terutama untuk mobil yang harganya di bawah Rp100 juta. Akibatnya mobkas dengan kisaran harga segitu harus turun mencapai Rp5 jutaan hingga Rp10 jutaan,” keluh Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager PT Marga Sadhya Swasti WTC Mangga Dua, saat dihubungi Okezone, Kamis (4/10/2012).
 
Penurunan harga itu terjadi karena, konsumen banyak yang berpikir lebih baik membeli mobil baru ketimbang dengan mobil bekas. Walaupun secara kualitas mobil bekas dengan harga Rp70 hingga Rp100 jutaan itu bisa masih jauh lebih baik ketimbang mobil murah.
 
“Mobil murah itu luar biasa, tapi jika dilihat secara kualitas berbeda banget sama mobil bekas yang harganya sama. Apalagi untuk masyarakat yang ingin beralih dari motor ke mobil, pasti mereka menganggap itu akan menjadi solusi,” paparnya.
 
Menurut Herjanto, penurunan harga mobil bekas untuk yang Rp5 jutaan itu terjadi pada Toyota Avanza, Karimun dan mobil sejenisnya. Untuk mobil berkapasitsa mesin besar seperti Mitsubishi Pajero, Fortuner, BMW Seri 3, Seri 7 dan Mercedes-Benz turunnya hingga Rp10 jutaan.
 
“Paling dirasakan itu untuk mobil CC besar, penurunannya sangat signifikan. Tapi dengan kondisi seperti itu kami mengharapkan penjualan mobil bekas bisa tetap stabil,” tutupnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan memiliki kisraan harga mulai Rp75 juta sampai Rp115 jutaan. Mobil murah ini memang menyisir pasar dengan konsumen pengguna mobil bekas.
(adt)
Baca Selengkapnya →Mobil Murah Mengancam Mobil Bekas.

Ngerem Ada Tehniknya juga lho !


Trik Mengerem Mobil yang Benar


Jakarta - Melalui artikel sederhana ini, saya ingin mengajak semua teman-teman untuk berkendara dengan aman, mengutamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang di sekitar kita.

Sudah banyak contoh kejadian kecelakaan yang menyalahkan fungsi rem, dikatakan rem blong, padahal sebenarnya rem bekerja dalam kondisi sangat baik, namun cara kita ngerem yang salah, membuat kendaraan tidak dapat berhenti bahkan tidak dapat dikendalikan.

Semua sepakat, bahwa fungsi rem pada kendaraan (mobil, motor, sepeda, becak, bajaj, dan sebagainya) adalah untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan.

Perangkat rem menjadi demikian penting dalam semua kendaraan. Namun ternyata rem bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya apabila kita tidak benar pengoperasiannya sehingga terjadi kecelakaan.

Bahkan pembalap kelas dunia pun mengakui bahwa ngerem adalah hal yang sulit dalam mengemudi, dan perlu latihan khusus.

Membuat agar berhenti atau memperlambat kendaraannya yang sedang berjalan sangat kencang dengan aman dan tidak membahayakan dirinya dan orang lain.



Grip Roda Sangat Penting

Pijakan dan daya cengkram roda/ban terhadap jalan/aspal sangat penting. Dengan adanya grip atau dengan kata lain ban menapak sempurna dengan jalan/aspal maka kendaraan dapat dikendalikan dengan baik.

Sebaliknya, apabila jalan licin atau ban kondisi tidak bagus sehingga mengurangi daya cengkram terhadap jalan/aspal, membuat kendaraan sulit dikendalikan atau tergelincir atau sering disebut 'selip'.

Pada saat kendaraan sedang meluncur, kemudian ban mengunci hingga diam/berhenti berputar akibat dari kita menginjak penuh pedal rem, hal ini membuat hilangnya grip/daya cengkram ban terhadap jalan/aspal.

Sekalipun kita membelokkan steer dengan maksud menghindar dari tabrakan akan tidak berarti apa-apa, sebab kendaraan tetap akan melaju lurus kedepan akibat hilangnya grip tadi.

Untuk itu kita perlu tetap menjaga agar ban semaksimal mungkin mendapatkan grip terhadap jalan/aspal.

Caranya: Pada saat kita injak pedal rem dan ban terdengar berdecit mengunci, segera kendurkan injakan pedal rem untuk mendapatkan kembali grip, kemudian ulangi injak pedal rem hingga kendaraan berhenti tanpa terjadi selip.

Teknologi ABS (Anti-lock Braking System)

Teknologi rem pada kendaraan pun terus dikembangkan hingga mempermudah pengemudi mengoperasikannya dan dapat tetap konsentrasi penuh untuk menghindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi (saat kondisi panik/rem mendadak).

Setiap roda dipasang sensor dan pulser untuk dikontrol oleh komputer ABS (Control module).

Dan perangkat rem pada setiap roda juga dikontrol oleh komputer ABS. Saat terjadi pengereman, ketika ban terdeteksi tidak berputar atau selip, maka komputer akan membuat perangkat rem pada ban tersebut membuka agar ban kembali berputar untuk mendapatkan grip, dan proses rem dilanjutkan.

Proses ini cukup cepat, sehingga terasa seperti pulsa/getaran yang dapat dirasakan pada pedal rem saat kita menginjak pedal tersebut.

Keras atau halusnya pulsa/getaran pada pedal berbeda tiap mobil, berkaitan dengan teknologi dan kualitas ABS yang digunakan.

Biasanya mobil mahal akan semakin tidak terasa getaran/pulsanya.




Rem ABS pada sepeda motor. terlihat Sensor ABS dan Gear Pulsernya (bergaris-garis)



Gambar di bawah memperlihatkan teknologi ABS sangat membantu kendaraan untuk dapat menghindari dari kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak.

Untuk kendaraan yang belum menggunakan teknologi ABS, lebih sulit untuk menghindari kecelakaan apabila teknik pengereman tidak benar.



Belajar Ngerem Yuk!




Kendaraan kita belum dilengkapi teknologi ABS? Yuk kita sama-sama belajar bagaimana mengoperasikan rem dengan benar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

1. Injak Penuh?


Cara pengereman ini paling sering dilakukan, dan umumnya karena berpikir bahwa REM adalah untuk membuat kendaraan berhenti, jadi perlu diinjak sekeras-kerasnya saat rem mendadak agar dapat berhenti. Hindari cara seperti ini.

Cara pengereman mendadak dengan menginjak penuh pedal rem, umumnya membuat ban mengunci sehingga ban kehilangan grip, kendaraan akan terus meluncur dan sangat sulit untuk dikendalikan. Ini sangat berbahaya! Berlatih untuk tidak melakukannya.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang sangat panjang akibat ban kehilangan grip terhadap jalan/aspal:


2. Pulse Braking


Supaya ban mendapatkan grip saat melakukan rem mendadak, kita dapat melakukannya dengan menginjak-lepas-injak-lepas-injak-lepas pedal rem sedalam-dalamnya dengan cepat. Sebenarnya ini mirip yang dilakukan oleh teknologi ABS.

Dengan teknik Pulse ini jarak pengereman kendaraan menjadi lebih pendek, dan kendaraan dapat sambil dikendalikan arahnya.

Jadi saat melakukan Pulse Braking ini, kita dapat membelokkan kendaraan untuk menghindar dari tabrakan dengan yang di depan kita.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang jauh lebih pendek ketimbang cara yang salah (No.1) di atas.


3. THRESHOLD


Cara ini mirip seperti nomor 1, tetapi pedal ditekan hingga hampir habis (titik kritis) sesaat sebelum ban terkunci, terus ditekan hingga kendaraan benar-benar berhenti.

Ternyata cara ini dapat memperpendek jarak pengereman, lebih pendek dari cara Pulse Braking di atas. Namun cara ini memerlukan latihan agar dapat benar-benar mengenali karakter dari rem kendaraan tersebut. Setiap kendaraan memiliki karakter perangkat rem yang berbeda-beda.

Pada gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang cukup pendek.


4. Dengan ABS


Untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ABS, maka cara pengereman yang benar adalah saat melakukan rem mendadak, injaklah penuh pedal rem secara cepat dan kuat, tetap tahan pedal tersebut hingga kendaraan berhenti.

Akan terasa pulsa/getaran pada pedal, itu normal, dan menandakan fungsi ABS sedang bekerja mengatur pengereman di tiap roda.

Yang sering terjadi, banyak orang yang malah melepas injakan pedal rem tersebut dikarenakan kaget ada getaran pada pedal rem tersebut, sehingga kecelakaan pun terjadi karena kendaraan akhirnya terus meluncur.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman ABS sangat baik.


Catatan:
  • Kita perlu meluangkan waktu untuk berlatih mengenal karakter kendaraan yang kita gunakan. Cari area kosong yang cukup luas untuk berlatih ngeRem yang benar hingga kita benar-benar mengenal karakter kendaraan tersebut. Berapa jarak pengereman efektif dari kendaraan tersebut.
  • Dengan mengenal karakter kendaraan, kita dapat menjadi lebih berhati-hati saat berkendara. Tidak memaksakan diri diluar batas kemampuan kendaraan tersebut.
  • Teknik Threshold juga dapat diterapkan pada kendaraan dengan rem ABS.
  • Jika dilakukan dengan baik, jarak pengeremannya denganteknik threshold dapat lebih pendek dibanding dengan ABS.
  • Perhatikan juga kendaraan di belakang kita saat akan melakukan pengereman mendadak, usahakan untuk dapat menghindar dari tabrakan beruntun.
  • Jika memungkinkan, ikuti kursus/pelatihan berkendara aman (Defensive Driving Course), untuk mendapatkan teori dan praktek yang lebih mendalam.
SAFT7 - detikOto

Sumber : oto.detik.com
Baca Selengkapnya →Ngerem Ada Tehniknya juga lho !

Maraknya Mobil Murah, Honda Brio Nggak Takut.


Brio Lawan Mobil Murah, Honda Tak Gentar

Honda yakin Brio bisa diterima kalangan anak muda Indonesia.

Honda Brio
(VIVAnews/ Sandy Adam)

VIVAnews - Niatan pemerintah mencanangkan mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC), ternyata tidak membuat Honda Prospect Motor (HPM) gentar memasarkan mobil city car terbarunya, Honda Brio.

Direktur Marketing dan Layanan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy merasa yakin Honda Brio yang baru diluncurkan awal Agustus, tak terpengaruh dengan rencana pemerintah mengeluarkan mobil murah.

"Kami tidak khawatir Brio tergerus, karena setiap mobil pasti memiliki segmennya masing-masing," kata Jonfis, Kamis 30 Agustus 2012.

"Kami belum bisa bicara banyak (mengenai LCGC), tapi kami sedang mempelajari mengenai mobil green car, hanya saja kami belum tahu pengertian pemerintah perihal apa itu LCGC."

Dia mengakui terus mengikuti rencana pemerintah, karena Honda memiliki berbagai macam kendaraan berbahan bakar gas, listrik, hingga hibrida.

Sedangkan Honda Brio sendiri, kata Jonfis, diplot khusus untuk menyasar kaum muda. Hingga saat ini antusias konsumen terhadap Brio sudah terbukti dengan jumlah pemesan sebanyak 2.000 unit dalam kurun waktu kurang dari sebulan.

"Kebutuhan terhadap mobil terus meningkat. Tingginya aktivitas otomatis membutuhkan mobil, terutama keluarga muda yang beralih dari sepeda motor ke mobil," kata Jonfis.
Brio merupakan city car yang dipasarkan mulai dari Rp149 juta hingga Rp170 juta. Harga ini sudah termasuk pajak alias on the road untuk wilayah Jabodetabek.
Baca Selengkapnya →Maraknya Mobil Murah, Honda Brio Nggak Takut.

Mitsubishi Mirage Bikin City Car Makin Panas


Mitsubishi Mirage Ramaikan Persaingan Mobil Kota  


foto
Mitsubishi Mirage. inautonews.com

TEMPO.COJakarta -Mitsubishi akhirnya turut meramaikan persaingan mobil di kelas city cardengan meluncurkan Mitsubishi Mirage. Menurut Presiden Direktur Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, Indonesia telah menjadi pasar penting bagi Mitsubishi dalam beberapa tahun terakhir. 

"Jadi ini salah satu stategi penjualan kami di Indonesia," kata Osamu di Kemayoran, Jakarta, Kamis, 20 September 2012.

Menurut Osamu, pertumbuhan penjualan mobil yang sangat tinggi dalam dua dekade terakhir membuat Indonesia telah menjadi salah satu perhatian utama dari Mitsubishi. "Indonesia merupakan pasar penting bagi Mitsubishi," ujarnya.

Osamu mengatakan Mirage merupakan salah satu kendaraan andalan Mitsubishi di sejumlah negara. Sejak diluncurkan Maret 2012 di Thailand, Mitsubishi menjual mobil lima penumpang itu sebanyak 32 ribu unit. Di Jepang juga sudah terjual 10 ribu unit sejak tahun lalu.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Noboru Tsuji, mengatakan peluncuran Mitsibishi Mirage itu merupakan jawaban untuk memenuhi permintaan pasar. Pasar Indonesia untuk mobil kelas city carmengalami kenaikkan cukup siginifikan. "Dan itu muncul dengan kesadaran akan lingkungtan serta naiknya harga bahan bakar," ujarnya.

Diluncurkan dengan harga Rp 139 juta - Rp 165 juta, Noboru mengatakan Mirage merupakan kendaraan yang menjamin keamanan penumpangnya. Noboru mengatakan mobil tersebut sudah dilengkapi kantong udara untuk pengemudi serta fitur standar keamanan lainnya seperti Anti-lock Brake System hingga sistem ''immobilizer'' guna mencegah pencurian mobil.

"Kami menyediakan kendaraan dengan harga terjangkau dengan nilai tambah berupa keamanan dan kenyamanan yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang optimal," katanya.

Mitsubishi mengusung mesin 1.2 liter 12-valve dengan 3 cylinder DOHC MIVEC pada tiap varian Mirage. Mobil tersebut tersedia dalam transmisi manual dan otomatis. Mitsubishi juga menawarkan tujuh pilihan warna kepada konsumen, yaitu Eisen Grey Miica, Cool Silver Metallic, Pop Green Metalli, Red Metallic, White Pearl, Black Mica Metallic, dan Lemonade Yellow Metallic.

Persaingan mobil di kelas city car sendiri hingga saat ini semakin ramai setelah Honda beberapa waktu lalu merilis Brio. Honda menyatakan Brio telah mengalami kelebihan permintaan sehingga konsumen harus inden hingga satu bulan. Selain itu, para pemain lama seperti KIA Picanto, Nissan March, dan Daihatsu Sirion. 

DIMAS SIREGAR
Sumber : tempo.co


Baca Selengkapnya →Mitsubishi Mirage Bikin City Car Makin Panas

Harga Resmi Mitsubishi Mirage di Indonesia.


Ini Harga Resmi Mitsubishi Mirage di Indonesia


detail berita
F: MItsubishi Mirage (Septian P/Okezone)

JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) akhirnya resmi memperkenalkan Mitsubishi Mirage di Indonesia. Terdapat tiga varian yang ditawarkan yakni, Mirage GLX, GLS dan Exceed.
 
Mitsubishi Mirage GLX diperkuat transmisi manual lima percepatan yang menjadi varian terendah. Sementara Mirage GLS menjadi berada di posisi tengah dan Exceed menjadi varian tertinggi dengan transmisi otomatis (CVT INVECS III).
 
Mengenai harga, Mitsubishi Mirage GLX-5MT dibanderol dengan harga Rp139 juta, sedangkan tipe GLS-CVT dan Exceed-CVT masing-masing dilepas dengan harga Rp152 juta dan Rp165 juta. Harga tersebut sudah berstatus On The Road, Jabodetabek.
 
Secara resmi, KTB baru akan meluncurkan Mirage saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 20 September 2012 nanti.
 
"Acara launchingnya sendiri akan dilakukan pada tanggal 20 di IIMS. Mirage akan di launching langsung oleh President Direktur Mitsubishi Motor Company Osamu Masuko," ungkap Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director KTB saat acara Pre-Launching Mirage di markas KTB, di Jakarta Senin (17/7/2012).
 
Mitsubishi Mirage diperkuat mesin 1.2-liter 12 valve 3 silinder DOHC yang sanggup memuntahkan tenaga 77 PS pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 4.000 rpm. Mobil mungil ini memiliki dimensi panjang 3.710 mm, lebar 1.665 mm dan lebar 1.500 mm dengan wheelbase 2.450 mm.
 
Okezone sendiri sudah berkesempatan merasakan langsung kelincahan Mirage di Bangkok, Thailand, pekan lalu.

Baca Selengkapnya →Harga Resmi Mitsubishi Mirage di Indonesia.