Jumat, 05 Oktober 2012

10 Mobil Paling Mahal 2012.


Inilah 10 Mobil Termahal di Dunia Tahun 2012

Dahulu kita mengenal Ferrari 458 atau mobil seharga US $300,000 Lamborghini Aventador sebagai mobil termahal. Namun, dengan berkembangnya teknologi automotif, banyak lagi diproduksi mobil-mobil kelas atas dengan harga gila-gilaan.
Rata-rata mobil termahal ini diproduksi terbatas (limited edition) dan diproduksi oleh pabrikan asal benua Eropa dan Amerika yang telah berpengalaman memproduksi mobil-mobil kelas atas dunia.
Seperti yang AmenRoom Dot Com (ARDC) kutip dari TheRichest.Org, mobil termahal di dunia saat ini yakni Maybach Exelero. Mobil dengan performa tinggi yang dirancang dan diproduksi oleh produsen mobil mewah Maybach.
Berikut ulasan singkat mengenai 10 mobil termahal di dunia itu :
1. Maybach Exelero
Harga                : $8 Juta
Negara Asal    : Jerman
Mesin                : V12 twin turbo
0-60 mph        : 4.4 detik
Maybach Exelero
Image Source : Wikipedia.Org
Mobil ini diproduksi pertama kali pada Mei 2005 di Tempodrom di Berlin, Jerman. Perusahaan yang memproduksinya adalah Stola di Turin. Kendaraan ini dirancang atau diproduksi hanya sekali saja, tujuan awalnya untuk menampilkan teknologi tinggi sektor automotif. Bekerja sama pula dengan Tirus Exelero dari Fulda sebuah perusahaan pembuat ban terkemuka. Kedua perusahaan yang memproduksi mobil ini sebelumnya belum pernah berkerjasama dan untuk pertama kalinya mereka bergabung pada tahun 1938. Ban yang diproduksi Fulda ini pernah digunakan pada Limusin SW Mayback 38. Saat ini Exelero diproduksi terbatas yakni hanya 10 unit saja dengan harga jual US $ 8 Juta hingga US $ 10 juta.
2. Bugatti Veyron Supersport
Bugatti Veyron Supersport
gambar : DapurPacu.com
Harga                : $2.6 Juta
Negara Asal    : Prancis
Mesin                : 16-cylindars, 1,200hp
0-60 mph        : 2.4 detik
Tercepat dan menjadi mobil termahal kedua di dunia, Bugatti Veyron Supersport. Dengan harga $2.6 Juta, Bugatti Veyron Supersport merupakan Bugatti yang sudah dicoba oleh insinyur VW. Memiliki tenaga 1.200 hp dari mesin quad-turbo 8,0 liter W16 dan aerodinamis yang dibangun sesuai standar dapat membantu mobil ini sehingga  mampu dipacu hingga kecepatan tertinggi 267,81 mph. Ditambah lagi kemewahan desain yang luar biasa.
3. Ferrari 599XX
Ferrari 599XX
gambar : mycarheaven.com
Harga        : $2 Juta
Negara Asal    : Italia
Mesin        : 700hp V12
0-60 mph    : 2.9 detik
Ferrari 599XX memiliki kekuatan dengan mesin model 700-hp dari pabrikan mesin V12 tanpa turbo atau supercharger.Dapat diakselerasi hingga 60 mph hanya dalam 2.9 detik. Sejauh ini pihak Ferrari belum mengumumkan harganya secara resmi, namun rumor yang beredar harganya ditaksir mencapai US$ 2 Juta.
4. Zenvo ST1
Zenvo ST1
Image Source : Wikipedia.Org
Harga                : $1.8 million
Negara asal     : Denmark
Mesin                : 1,250hp V8
0-60 mph        : 2.9 detik
Zenvo ST1 diproduksi oleh produsen mobil asal Denmark. Mobil ini memiliki daya 1,250 tenaga kuda, dibantu lagi denganturbocharge dan supercharge  7.0 liter mesin V8. Harga mobil ini mencapai $ 1.8 juta.
5. Koenigsegg Agera R
Koenigsegg Agera R
Image Source : Wikipedia.Org
Harga        : $1.7 million
Negara asal     : Swedia
Mesin                 : 1,115hp, 5.0-liter V8
0-60 mph        : 2.9 detik
Dirancang dengan mesin turbo ganda 5.0 liter V8, Agera R dari Swedia ini merupakan mobil super buatan Koenigsegg yang memiliki 1,115 tenaga kuda. Harganya sekitar $ 1.5 juta untuk Agera biasa, dan jika ingin menambahkan badge R harus menambah biaya lagi sebesar $211,000.
6. Lamborghini Reventon
Lamorgini Reventon
Image Source : Wikipedia.Org
Harga                : $1.6 million
Negara asal     : Italia
Mesin                : 6.5 L (400 cu in) V12
0-60 mph       : 2.9 detik
Lamborghini Reventon memulai debutnya pada tahun 2007 di ajang Frankfurt Motor show ranks. Pada saat itu mobil ini satu-satunya mobilLamborghini termahal yang pernah diproduksi.
7. Aston Martin One-77
Aston Martin One 77
Image Source : Wikipedia.Org

Harga        : $1.4 million
Negara asal    : Inggris Raya
Mesin        : 750hp, 7.3-liter V12
0-60 mph    : 3.7 seconds
Aston Martin One-77 adalah salah satu kendaraan dengan full carbon-chassis  dengan gaya yang dramatik. Mesinnya memiliki kekuatan tenaga raksasa 7.3 liter mesin v12 atau setara dengan 750 tenaga kuda. Mesinnya sebenarnya masih umum dan banyak digunakan pada ajang Formula 1. Harganya dipastikan  mencapai $1.4 juta dan hanya diproduksi sebanyak 77 unit saja.
8. Maybach Landaulet
Maybach Landaulet
gambar : Maybachusa.com
Harga              : $1.4 juta
Negara asal   : Jerman
Mesin              : 620hp 12-silinder
0-60 mph      : 5.2 detik
Maybach Landaulet dipatok dengan harga $1.4 juta. Diluar kebiasaan pabrikan Mercedeze-Benz, produsen mobil ini menggabungkan gaya klasik dan futuristik Pebble Beach. Didesain dengan model 625 Landaulet dan ditenagai dengan mesin twin-turbo v12 atau memiliki kekuatan setara 543 tenaga kuda.
9. Pagani Huayra
Pagani Huayra
Image Source : Wikipedia.Org
Harga                 : $1.3 juta
Negara asal     : Italia
Mesin                 : 700hp Mercedes-Benz-made V12
0-60 mph        : 3.5 detik
Cukup terkenal namun belum banyak dibicarakan orang. Mobil ini memberikan tampilan gaya seperti ikan lele. Huayra adalah supercar kedua yang dibuat oleh Pagani. Mirip dengan produksi sebelumnya yakni Zonda, mobil ini dianggap sebagai mobil terbaik, Huayra didukung dengan mesin 700-hp twin-turbo V12 Mercedes dan dapat mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 230 mil per jam.
10. Hennessey Venom GT
Hennessey Venom GT
Image Source : Wikipedia.Org
Harga                 : $1 juta (1,200hp edition)
Negara asal     : Amerika Serikat
Mesin                 : 6.2-liter supercharged V8
0-60 mph         : 2.5 detik
Dikenal sebagai pembuat  twin-turbo dodge vipers dan mesin berteknologi lainnya, Venom GT menjadi mobil perdana dari Hennessey Performance. Meskipun demikian mobil ini memiliki sasis yang disumbangkan dari pabrikan Lotus Elise Platform. Memberikan kekuatan supercharged 6.2 liter GM yang bersumber dari mesin V8 menjadikannya memiliki daya 1,200 tenaga kuda dan harganya dipatok sekitar $ 1 juta.
Sumber II : amenroom.com
Baca Selengkapnya →10 Mobil Paling Mahal 2012.

Mobil yang Paling Jarang Orang Mau Beli .


Mobil Termahal di Dunia Seharga Rp 524 Miliar

Mobil Termahal di Dunia Seharga Rp 524 Miliar
Maybach 62 milik Theo Paphitis (Automotto)

Otosia.com - Kondisi ekonomi dunia saat ini sedang tidak stabil dan cenderung menurun. Banyak negara kawasan Eropa dan juga memiliki nilai hutang yang juga terbilang tinggi. Tapi walau kondisi seperti ini, ternyata masih banyak orang-orang yang suka memperlihatkan kekayaannya di depan umum.
Salah satunya seorang pengusaha terkenal asal Inggris, yang bernama Theo Paphitis. Yang diberitakan di automotto, Selasa (01/05) sang pengusaha umur 52 tahun ini terlihat sedang mengendarai mobil super mewah kebanggaannya saat ini yaitu Maybach 62.
Maybach 62 ini merupakan mobil varian termewah dari perusahaan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz yang hanya terdapat 62 unit saja dan dibuat sangat spesial bukan menggunakan robot atau mesin 100% tapi melainkan 90% oleh tangan manusia.
Mobil ini hadir sebagai pesaing kuat Rolls-Royce yang tergabung dalam BMW Group. Maybach 62 yang seharga Rp 12.4 miliar ini mengandalkan mesin V12 kapasitas 5.5 liter Bi-Turbo yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 543hp dengan torsi sebesar 900Nm. Performa mesin ini dipasangkan dengan sistem transmisi otomatis 5 percepatan.
Tapi mobil Maybach 62 milik Theo Paphitis ini sekarang bernilai sangat mahal yang mencapai Rp 524 miliar. Pencapaian nilai ini dikarenakan seluruh body mobil menggunakan plat berbahan emas murni. Dan tidak hanya di bagian eksterior saja tapi melainkan juga setiap part di dalam interior juga.
Karena penggunaan bahan mahal dan dan berat, mobil ini diketahui tidak bisa melaju kencang (kecepatan maksimum hanya sekitar 75 km/h) dan bahkan memiliki konsumsi bahan bakar yang amat sangat boros yaitu 1 liter untuk 1 km.
Tapi apalah arti harga yang harus ia keluarkan demi memiliki sebuah mobil termahal di dunia ini. Pasalnya, baik saat Paphitis ini sedang makan, minum, tidur dan bahkan berada di toilet sekalipun duit selalu mengalir ke rekeningnya dengan deras. (kpl/vin)
Sumber : otosia.com
Baca Selengkapnya →Mobil yang Paling Jarang Orang Mau Beli .

Jazz Facelift Banyak Peminatnya.


Penjualan Jazz Baru Melejit


Jazz FaceliftSumber : - | Author : KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah sempat membekukan sementara penjualan Jazz selama April lalu, kini PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali bisa mengandalkan hatchback-nya itu. Jazz Facelift yang baru diluncurkan 12 hari lalu berhasil terjual 2.697 unit, sekaligus menopang kembali penjualan Honda di Indonesia dengan kontribusi 73 persen dari total 3.673 unit pada Mei lalu. Penjualan HPM di bulan kelima tercatat naik 79 persen dibandingkan April yang cuma 2.056 unit.
Model Honda lainnya belum bisa dipasarkan secara maksimal akibat dampak bencana alam di Jepang sehingga produksi terganggu dan pasokan unit baru ke dealer jadi seret. Untuk segmenmulti purpose vehicle (MPV), Freed cuma terjual 485 unit disusul Odyssey 34 unit. Segmen sport utility vehicle New CR-V terjual sebanyak 45 unit pada bulan Mei lalu. Dari segmen sedan, New Accord mencatatkan penjualan 88 unit, Civic 98 unit, dan City 226 unit.
Sepanjang Januari-Mei 2011, HPM sudah mencatatkan penjualan 19.408 unit. Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, dalam keterangan resmi yang diterimaKompas,com, Jumat (3/6/2011) ini, mengatakan, "Baru diluncurkan bulan lalu, New Jazz langsung meraih penjualan yang tinggi dan memberikan kontribusi penjualan yang sangat signifikan terhadap penjualan Honda. Kami berharap penjualan pada bulan-bulan berikutnya bisa terus meningkat dan kondisi penjualan pasar otomotif Indonesia akan kembali membaik setelah dampak tsunami di Jepang awal tahun ini."

Baca Selengkapnya →Jazz Facelift Banyak Peminatnya.

Mobil Murah Mengancam Mobil Bekas.


Agya & Ayla Ancaman buat Mobil Bekas

detail berita
F : Astra Daihatsu Ayla (Septian P/Okezone)

JAKARTA – Selain terganggu oleh adanya IIMS 2012, penjualan mobil bekas di September nampaknya juga terganggu dengan kehadiran mobil murah yang mulai diprakarasi oleh Toyota dan Daihatsu.
 
Meski regulasi LCGC belum dilahirkan dan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla belum punya harga resmi, tapi sudah bisa mempengaruhi penjualan mobil bekas. Harga mobil bekas turun dari Rp5 juta hingga Rp10 jutaan.
 
“Efek mobil murah Agya dan Ayla itu sudah terasa sekarang. Terutama untuk mobil yang harganya di bawah Rp100 juta. Akibatnya mobkas dengan kisaran harga segitu harus turun mencapai Rp5 jutaan hingga Rp10 jutaan,” keluh Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager PT Marga Sadhya Swasti WTC Mangga Dua, saat dihubungi Okezone, Kamis (4/10/2012).
 
Penurunan harga itu terjadi karena, konsumen banyak yang berpikir lebih baik membeli mobil baru ketimbang dengan mobil bekas. Walaupun secara kualitas mobil bekas dengan harga Rp70 hingga Rp100 jutaan itu bisa masih jauh lebih baik ketimbang mobil murah.
 
“Mobil murah itu luar biasa, tapi jika dilihat secara kualitas berbeda banget sama mobil bekas yang harganya sama. Apalagi untuk masyarakat yang ingin beralih dari motor ke mobil, pasti mereka menganggap itu akan menjadi solusi,” paparnya.
 
Menurut Herjanto, penurunan harga mobil bekas untuk yang Rp5 jutaan itu terjadi pada Toyota Avanza, Karimun dan mobil sejenisnya. Untuk mobil berkapasitsa mesin besar seperti Mitsubishi Pajero, Fortuner, BMW Seri 3, Seri 7 dan Mercedes-Benz turunnya hingga Rp10 jutaan.
 
“Paling dirasakan itu untuk mobil CC besar, penurunannya sangat signifikan. Tapi dengan kondisi seperti itu kami mengharapkan penjualan mobil bekas bisa tetap stabil,” tutupnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla akan memiliki kisraan harga mulai Rp75 juta sampai Rp115 jutaan. Mobil murah ini memang menyisir pasar dengan konsumen pengguna mobil bekas.
(adt)
Baca Selengkapnya →Mobil Murah Mengancam Mobil Bekas.

Ngerem Ada Tehniknya juga lho !


Trik Mengerem Mobil yang Benar


Jakarta - Melalui artikel sederhana ini, saya ingin mengajak semua teman-teman untuk berkendara dengan aman, mengutamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang di sekitar kita.

Sudah banyak contoh kejadian kecelakaan yang menyalahkan fungsi rem, dikatakan rem blong, padahal sebenarnya rem bekerja dalam kondisi sangat baik, namun cara kita ngerem yang salah, membuat kendaraan tidak dapat berhenti bahkan tidak dapat dikendalikan.

Semua sepakat, bahwa fungsi rem pada kendaraan (mobil, motor, sepeda, becak, bajaj, dan sebagainya) adalah untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan.

Perangkat rem menjadi demikian penting dalam semua kendaraan. Namun ternyata rem bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya apabila kita tidak benar pengoperasiannya sehingga terjadi kecelakaan.

Bahkan pembalap kelas dunia pun mengakui bahwa ngerem adalah hal yang sulit dalam mengemudi, dan perlu latihan khusus.

Membuat agar berhenti atau memperlambat kendaraannya yang sedang berjalan sangat kencang dengan aman dan tidak membahayakan dirinya dan orang lain.



Grip Roda Sangat Penting

Pijakan dan daya cengkram roda/ban terhadap jalan/aspal sangat penting. Dengan adanya grip atau dengan kata lain ban menapak sempurna dengan jalan/aspal maka kendaraan dapat dikendalikan dengan baik.

Sebaliknya, apabila jalan licin atau ban kondisi tidak bagus sehingga mengurangi daya cengkram terhadap jalan/aspal, membuat kendaraan sulit dikendalikan atau tergelincir atau sering disebut 'selip'.

Pada saat kendaraan sedang meluncur, kemudian ban mengunci hingga diam/berhenti berputar akibat dari kita menginjak penuh pedal rem, hal ini membuat hilangnya grip/daya cengkram ban terhadap jalan/aspal.

Sekalipun kita membelokkan steer dengan maksud menghindar dari tabrakan akan tidak berarti apa-apa, sebab kendaraan tetap akan melaju lurus kedepan akibat hilangnya grip tadi.

Untuk itu kita perlu tetap menjaga agar ban semaksimal mungkin mendapatkan grip terhadap jalan/aspal.

Caranya: Pada saat kita injak pedal rem dan ban terdengar berdecit mengunci, segera kendurkan injakan pedal rem untuk mendapatkan kembali grip, kemudian ulangi injak pedal rem hingga kendaraan berhenti tanpa terjadi selip.

Teknologi ABS (Anti-lock Braking System)

Teknologi rem pada kendaraan pun terus dikembangkan hingga mempermudah pengemudi mengoperasikannya dan dapat tetap konsentrasi penuh untuk menghindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi (saat kondisi panik/rem mendadak).

Setiap roda dipasang sensor dan pulser untuk dikontrol oleh komputer ABS (Control module).

Dan perangkat rem pada setiap roda juga dikontrol oleh komputer ABS. Saat terjadi pengereman, ketika ban terdeteksi tidak berputar atau selip, maka komputer akan membuat perangkat rem pada ban tersebut membuka agar ban kembali berputar untuk mendapatkan grip, dan proses rem dilanjutkan.

Proses ini cukup cepat, sehingga terasa seperti pulsa/getaran yang dapat dirasakan pada pedal rem saat kita menginjak pedal tersebut.

Keras atau halusnya pulsa/getaran pada pedal berbeda tiap mobil, berkaitan dengan teknologi dan kualitas ABS yang digunakan.

Biasanya mobil mahal akan semakin tidak terasa getaran/pulsanya.




Rem ABS pada sepeda motor. terlihat Sensor ABS dan Gear Pulsernya (bergaris-garis)



Gambar di bawah memperlihatkan teknologi ABS sangat membantu kendaraan untuk dapat menghindari dari kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak.

Untuk kendaraan yang belum menggunakan teknologi ABS, lebih sulit untuk menghindari kecelakaan apabila teknik pengereman tidak benar.



Belajar Ngerem Yuk!




Kendaraan kita belum dilengkapi teknologi ABS? Yuk kita sama-sama belajar bagaimana mengoperasikan rem dengan benar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

1. Injak Penuh?


Cara pengereman ini paling sering dilakukan, dan umumnya karena berpikir bahwa REM adalah untuk membuat kendaraan berhenti, jadi perlu diinjak sekeras-kerasnya saat rem mendadak agar dapat berhenti. Hindari cara seperti ini.

Cara pengereman mendadak dengan menginjak penuh pedal rem, umumnya membuat ban mengunci sehingga ban kehilangan grip, kendaraan akan terus meluncur dan sangat sulit untuk dikendalikan. Ini sangat berbahaya! Berlatih untuk tidak melakukannya.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang sangat panjang akibat ban kehilangan grip terhadap jalan/aspal:


2. Pulse Braking


Supaya ban mendapatkan grip saat melakukan rem mendadak, kita dapat melakukannya dengan menginjak-lepas-injak-lepas-injak-lepas pedal rem sedalam-dalamnya dengan cepat. Sebenarnya ini mirip yang dilakukan oleh teknologi ABS.

Dengan teknik Pulse ini jarak pengereman kendaraan menjadi lebih pendek, dan kendaraan dapat sambil dikendalikan arahnya.

Jadi saat melakukan Pulse Braking ini, kita dapat membelokkan kendaraan untuk menghindar dari tabrakan dengan yang di depan kita.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang jauh lebih pendek ketimbang cara yang salah (No.1) di atas.


3. THRESHOLD


Cara ini mirip seperti nomor 1, tetapi pedal ditekan hingga hampir habis (titik kritis) sesaat sebelum ban terkunci, terus ditekan hingga kendaraan benar-benar berhenti.

Ternyata cara ini dapat memperpendek jarak pengereman, lebih pendek dari cara Pulse Braking di atas. Namun cara ini memerlukan latihan agar dapat benar-benar mengenali karakter dari rem kendaraan tersebut. Setiap kendaraan memiliki karakter perangkat rem yang berbeda-beda.

Pada gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman yang cukup pendek.


4. Dengan ABS


Untuk kendaraan yang sudah menggunakan teknologi ABS, maka cara pengereman yang benar adalah saat melakukan rem mendadak, injaklah penuh pedal rem secara cepat dan kuat, tetap tahan pedal tersebut hingga kendaraan berhenti.

Akan terasa pulsa/getaran pada pedal, itu normal, dan menandakan fungsi ABS sedang bekerja mengatur pengereman di tiap roda.

Yang sering terjadi, banyak orang yang malah melepas injakan pedal rem tersebut dikarenakan kaget ada getaran pada pedal rem tersebut, sehingga kecelakaan pun terjadi karena kendaraan akhirnya terus meluncur.

Gambar di bawah memperlihatkan jarak pengereman ABS sangat baik.


Catatan:
  • Kita perlu meluangkan waktu untuk berlatih mengenal karakter kendaraan yang kita gunakan. Cari area kosong yang cukup luas untuk berlatih ngeRem yang benar hingga kita benar-benar mengenal karakter kendaraan tersebut. Berapa jarak pengereman efektif dari kendaraan tersebut.
  • Dengan mengenal karakter kendaraan, kita dapat menjadi lebih berhati-hati saat berkendara. Tidak memaksakan diri diluar batas kemampuan kendaraan tersebut.
  • Teknik Threshold juga dapat diterapkan pada kendaraan dengan rem ABS.
  • Jika dilakukan dengan baik, jarak pengeremannya denganteknik threshold dapat lebih pendek dibanding dengan ABS.
  • Perhatikan juga kendaraan di belakang kita saat akan melakukan pengereman mendadak, usahakan untuk dapat menghindar dari tabrakan beruntun.
  • Jika memungkinkan, ikuti kursus/pelatihan berkendara aman (Defensive Driving Course), untuk mendapatkan teori dan praktek yang lebih mendalam.
SAFT7 - detikOto

Sumber : oto.detik.com
Baca Selengkapnya →Ngerem Ada Tehniknya juga lho !