Jumat, 05 Oktober 2012

Honda CR-Z Mugen Mulai Dilepas.


Honda Lepas 300 CR-Z Versi Mugen


Honda CR-Z MugenSumber : sensethecar | Author : -

Paris, KompasOtomotif - Mugen, divisi modifikasi Honda mendapat kesempatan dari mendandani CR-Z hybrid agar tampilannya lebih sporty dan tenaga yang dihasilkan kian galak. Jumlah unit yang digarap  tidak banyak, hanya 300 unit dan dijual di Jepang dengan banderol 55.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 528 juta.
Untuk mendongkrak tenaga standar 156PS dari mesin berkapasitas 1,5 liter, tak cukup dengan mengganti komponen saja. Di sini Mugen menambah dengan supercharger, sehingga tenaganya (ditambah dengan motor listrik) meningkat jadi 176 PS.
Dengan tenaga yang meningkat, tentu harus diimbangi tampilan eksterior. Seperti kap mesin dan spion standar diganti dari serat karbon serta lampu kabut lebih agresif dan lebar. Di bagian belakang ada sayap berukuran besar di ujung kaca belakang dan bemper yang ditempeli aerokits yang bagian bawahnya ada pembelah angin (diffuser). Sementara bagian samping dihias denganside skirts dan juga pelek 17 inci model jari-jari ganda.
Ada sedikit sentuhan di dalam kabin dengan penambahan aksen warna biru. Ada indikator pengontrol supercharger yang ditanam pada bagian atas dasbor.
Mugen RR
Lain halnya dengan varian yang mejeng di IIMS lalu yang tampil dengan cat warna kuning. Model yang diboyong oleh Honda Prospect Motor langsung dari Jepang adalah Mugen RR. Jenis modifikasi yang diberikan hampir sama. Hanya saja keluaran tenaga yang dihasilkan lebih besar yakni 193 PS akumulasi daya mesin dan motor listrik. Sayang varian tersebut hanya untuk kebutuhan pameran semata. Paling tidak sebagai bukti bahwa mobil hybrid bisa dimodifikasi mesinnya jadi lebih kencang.
Aris F. Harvenda
Baca Selengkapnya →Honda CR-Z Mugen Mulai Dilepas.

Plat Nomer Termahal Sedunia.


Ini Plat Nomor Mobil Termahal Sejagat

Plat X1 ini 43 kali lebih mahal dari harga BMW X1.

Bayu Galih, Herdi Muhardi
Harga plat
(Mibs.com

VIVAnews – Apa yang termahal dari sebuah kendaraan? Biasanya akan muncul jawaban merek, mesin, desain, teknologi, atau fitur.

Namun, di Inggris yang membuat mahal sebuah kendaraan adalah sebuah plat nomor. Adapun plat istimewa tersebut adalah ‘X1’, yang menjadi termahal dan akan dijual dengan harga 1 juta pounsterling atau sekitar Rp 15,4 miliar.

Dilansir Daily Mail, Selasa 18 September 2012 plat nomor X1 dinilai plat “istimewa dan bersejarah”. Karena plat ini dikeluarkan oleh Northumberland County Council, pada Desember 1903.

Kini, plat tersebut diiklankan di Regtransfers.co.uk, dan telah memecahkan rekor plat bernomor “F1” milik seorang pengusaha asal Bradford, Inggris, Afzal Kahn pada 2008 lalu dengan harga 560.000 pound sterling atau sekitar Rp8,6 miliar.

Plat nomor ini memang cocok dengan BMW X1. Namun, harganya 43 kali lebih mahal daripada mobilnya.

Disinyalir, yang membuat X1 mahal dikarenakan plat nomor tersebut pernah digunakan ketua komite di Tynemouth, dimana dulu ia berkampanye untuk penghapusan undang-undang “Red Flag”.

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Lokomotif, 1865, mobil dan motor pertama di Inggris hanya memiliki kecepatan 4 mph di kota besar dan 2 mph di pedesaan.

Angela Banh, dari Regtransfers.co.uk, percaya bahwa plat nomor ini akan laku terjual, namun masih sulit memprediksi siapa pembelinya.
"Bisa jadi, seseorang yang berpikir mereka memiliki X-faktor, seseorang dengan nama keluarga Cina Xi, atau perusahaan tambang emas dengan awal nama dengan X - seperti Xerox," jelasnya. (ren)
Baca Selengkapnya →Plat Nomer Termahal Sedunia.

Birokrasi, Penyebab Panjangnya Inden Mobil.


Birokrasi Jadi Biang Keladi Panjangnya Inden Mobil

Birokrasi Jadi Biang Keladi Panjangnya Inden Mobil

Mitsubishi Outlander Sport (Foto: Nazar Ray)
Otosia.com - Lamanya inden atau pesanan mobil hingga akhirnya sampai ke konsumen sudah bukan jadi berita baru di Tanah Air. Pesanan yang terus menumpuk terjadi karena sejumlah sebab, antara lain birokrasi atau pengurusan surat-surat izin sebelum akhirnya menjadi syarat utama.
Wakil Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Wakil Ketua Gaikindo) Jongkie Sugiarto menyebut bahwa waktu pengurusan surat identitas dan berkas kepemilikan kendaraan yang relatif lama menjadi penyebabnya.  
Produsen kendaraan bermotor beralasan lambannya pengiriman pesanan (inden) disebabkan tingginya permintaan konsumen. Wakil Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto, mengatakan produsen otomotif tidak mampu memenuhi permintaan konsumen lantaran kapasitas produksi terbatas.
"Yang jadi persoalan adalah pengurusan itu melibatkan banyak instansi," ungkapnya.
Tak hanya birokrasi, keterbatasan produksi di pabrik, termasuk tenaga kerja, juga menjadi dua hal yang menjadikan inden mobil tersendat. Namun, menurutnya, produsen juga dituntut menyelesaikan masalah keterlambatan produksi dengan cara yang tepat.
"(Menambah jam kerja karyawan atau perluasan pabrik) harus dipikirkan matang, jangan sampai sudah perluasan pabrik, tetapi ternyata malah tidak diimbangi permintaan," tambahnya.
Inden terutama untuk produk atau model tertentu kerap terjadi. Tak hanya produksi dalam negeri, tetapi juga pesanan dari luar negeri. Terakhir, pesanan untukMitsubishi Outlander terhambat hingga beberapa bulan ke depan. SUV yang mulai dipasarkan pada Juli lalu tersebut kini telah mencapai 2.500 unit.
Permintaan tersebut di luar ekspektasi sehingga pasokan unit, yang sedianya diperoleh dari Thailand, tersendat.
"Saat ini indennya sampai tiga bulan. Kami sedang usahakan tahun ini agar pasokan yang ada dimaksimalkan. Kami pun meminta maaf kepada para konsumen yang belum memperolehnya," ujar Director Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Daisuke Okamoto.
Mau tidak mau, persoalan ini pun berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen kendaraan bermotor di Indonesia. Dalam survei JD Power, survei itu menunjukkan pertumbuhan tingkat kepuasan konsumen relatif rendah, hanya naik 1 poin dari 772 pada 2011 menjadi 773 pada 2012.
Menurut studi JD Power waktu pengiriman kendaraan baru pada 2012 mencapai 11 hari, atau lebih lama dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 9 hari. Adapun dalam pandangan Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto, kebiasaan konsumen juga berubah.
"Kalau dulu konsumen mau menunggu sampai lima bulan, sekarang baru sebulan saja sudah mengeluh," ungkapnya seraya menyebut bahwa Toyota Astra sudah mengajukan permintaan tambahan produksi pada prinsipal untuk memenuhi permintaan konsumen.
 (kpl/why/bun)

Sumber : otosia.com
Baca Selengkapnya →Birokrasi, Penyebab Panjangnya Inden Mobil.

Di Italia, sepeda lebih laku ketimbang Mobil.



Jakarta (ANTARA News) - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa penjualan sepeda untuk pertama kali setelah Perang Dunia II  melampaui penjualan mobil.

Pada 2011, lebih dari 1.750.000 sepeda terjual di Italia atau naik 10 persen dibanding 2010 sedangkan penjualan sebanyak 1.748.143 unit atau turun 20 persen dari 2010. Angka itu paling terendah sejak 1964. 

Pascaperang 'keajaiban ekonomi ' Italia ditopang oleh kemampuan beberapa keluarga kaya raya membeli Fiat 500. Puncaknya, pengeluaran ekonomi Italia lebih besar dari Inggris pada 1987 atau momen yang lebih dikenal 'Il Sorpasso'.

'Sorpasso' disebabkan oleh berbagai faktor termasuk langkah-langkah penghematan yang diperkenalkan pemerintahan Mario Monti. 

Selain harga bensin yang mahal, ada alasan lain mengapa orang Itali lebih memilih sepeda ketimbang mobil yaitu rasa sukacita dan kesederhanaan bersepeda dari rumah ke tempat kerja atau ke tempat rekreasi.

Laporan itu diterbitkan  menjelang peluncuran kampanye Estates-General of the Bicycle and New Mobility dan didukung oleh asosiasi lainnya beberapa kelompok lingkungan. 

Kampanye itu bertujuan menemukan langkah-langkah untuk meningkatkan kehidupan semua orang di kota-kota besar Italia.

Italia bukanlah satu-satunya negara yang mengalami penurunan penjualan mobil, Jerman, Spanyol dan Prancis juga mengalami penurunan penjualan mobil selama delapan bulan pertama tahun ini. 

(adm)

Sumber : otomotif.antaranews.com
Baca Selengkapnya →Di Italia, sepeda lebih laku ketimbang Mobil.

Mobil Listrik yang Paling Efisien.


Lima Mobil Listrik dan Hibrida Paling Efisien 


foto
Nissan Leaf charging. foto: Nissan
TEMPO.CO, New York - Lembaga Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (Environmental Protection Agency/EPA) merilis daftar mobil listrik dan hibrida paling efisien sepanjang 2012. Selain hemat energi, mobil-mobil tersebut dipilih lantaran ramah lingkungan.

Seperti dikutip dari Business Insider, EPA menyusun daftar mobil listrik dan hibrida tersebut berdasarkan rasio konsumsi energi per mil (miles per gallon equivalent/MPGE). Dalam daftar ini, tercatat beberapa sedan mid-size dancity car yang sudah dipasarkan di seluruh dunia. Apa saja mobil paling efisien versi EPA?

1. Honda Civic Hybrid
Sedan seharga US$ 24.200 atau sekitar Rp 232,4 juta ini memiliki rasio konsumsi energi 44 MPGE, baik di dalam maupun luar kota. Versi terbaru Civic Hybrid dilengkapi navigasi satelit, transmisi variabel, serta jok berlapis kulit. Mobil ini mengandalkan mesin 1,5 liter empat silinder serta motor elektromagnet yang digerakkan baterai lithium-ion 144 volt.

2. Toyota Prius Plug-In
Jika berlari di dalam kota, rasio konsumsi energi Prius Plug-In mencapai 49 MPGE. Namun, saat melaju di jalan tol efisiensinya hanya mencapai 51 MPGE. Dengan harga US$ 32 ribu (Rp 307,5 juta), mobil ini sudah dilengkapi mesin 1,8 liter 4 silinder dan motor listrik 4,4 kilowatt.

3. Chevrolet Volt
Chevrolet Volt hibrida memiliki rasio konsumsi bahan bakar 58 MPGE di dalam kota dan 62 MPGE di luar kota. Dapur pacu mobil ini mengandalkan mesin empat silinder 1,4 liter dan motor listrik dengan baterai lithium-ion 16 kilowatt. Mobil ini dijual seharga US$ 39.145 atau Rp 376,2 juta.

4. Tesla Model S
Sedan premium elektrik seharga US$ 70 ribu (Rp 672,7 juta) ini memiliki rasio konsumsi energi 88 MPGE di dalam kota dan 90 MPGE di luar kota. Tesla S hanya mengandalkan motor listrik dengan baterai 85 kilowatt.

5. Nissan Leaf
Leaf, mobil listrik unggulan Nissan, memiliki rasio konsumsi energi 106 MPGE di dalam kota. Jika melaju di jalan tol, efisiensinya turun menjadi 92 MPGE. Mobil seharga US$ 37 ribu (Rp 355,5 juta) ini digerakkan motor listrik 80 kilowatt dengan kecepatan maksimum 90 mil per jam.

FERY FIRMANSYAH

Sumber : tempo.co
Baca Selengkapnya →Mobil Listrik yang Paling Efisien.