Mobil Murah = Jalan Macet + BBM Boros + Polusi Nambah + dll !……kalo nggak bener , ane bersedia dapet satu !

Selasa, 13 November 2012

Mobil Murah = Jalan Macet + BBM Boros + Polusi Nambah + dll !……kalo nggak bener , ane bersedia dapet satu !


Ughhhh dingiiiin, abis maen ujan ma anak ane yang baru kelas dua esde. Kebetulan di daerah tempat tinggal ane lagi musim ujan. Selanjutnya pas ujannya datang …. tanpa pemberitahuan sebelumnya…., ane langsung kaget, karena ditodong sama anak ane untuk nemenin dia maen ujan (plus syarat harus pake ketawa ketiwi en loncat-loncat nggak jelas/nggak boleh diem aja). Kalo ane nggak mau, katanya, peer sekolah untuk kumpulin besok nggak akan disentuh… gubraaak…, dan akhir ceritanya maen ujan diresmikan dan….ANE KEDINGINAN. Baiklah sob, dingin tidak akan menyurutkan semangat ane untuk menulis artikel kali ini (karena memang ada mie rebus panas disamping ane emmh…). Okeh sob, dalam artikel sebelumnya, secara umum kita semua udah pada tau tentang produsen, spesifikasi dan kisaran harga mobil murah dimaksud. Nggak ada salahnya kali yak, pada kesempatan ini ane mencoba mengulas tentang mobil murah dan konsekuensinya.

Menurut informasi yang layak dipercaya, beberapa pabrikan besar seperti Toyota, Daihatsu dan Tata Motor sudah menyiapkan mobil murah dan ramah lingkungan terkait rencana Pemerintah dan kalangan industri otomotif untuk mendorong pembuatan mobil murah yang hemat energi. Ane bertanya dalam hati kok bisa ya dijual murah ? setelah coba brosing-brosing, katanya sih karena menggunakan komponen lokal lebih dari 60 persen. Lebih dari itu, pemerintah resmi memberi insentif untuk pengembangan mobil murah ramah lingkungan produksi dalam negeri. Yaitu berupa fasilitas pembebasan bea masuk kebutuhan pembangunan dan pengembangan industri kendaraan bermotor dalam negeri, jadi tinggal menunggu regulasi dari pemerintah saja unutk mengumumkan nominal harga yang akan dibanderol. Mobil murah yang diusung oleh beberapa pabrikan memang memberikan kemudahan  bagi konsumen dan dapat mendorong perekonomian Indonesia. Akan tetapi, dampak pada kenaikan konsumsi BBM, kemacetan di kota besar kemungkinan besar juga akan mengikutinya, tanpa adanya pengaturan yang menyeluruh agar tidak memperburuk keadaan yang sudah ada. Seperti dibarengi dengan perbaikan dan penambahan sistem transportasi di Indonesia (setelah dipikir-pikir emang bener, nggak pake judul murah aja, mobil dijalanan udah pada ngantri. Apalagi kalo judulnya ditambah “murah” pasti NGANBEL = ngantri dan berjubeel…hihihi).

Nissan Datsun Raja Mobil Murah

kalo enggak percaya, kita bisa membaca komentar dari Johny Darmawan, Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagaimana dilansir inilahreview “ Selain harganya murah, mobil mungil yang sering disebut city car ini, kini banyak digandrungi konsumen di Indonesia, Permintaannya diluar perkiraan.” Mungkin komentar di atas bisa dibuktikan secara tidak langsung dengan sejumlah produsen mobil dari berbagai Negara yang meluncurkan berbagai produk mobil murah di kelas City Car… ya iyalah, konsumen termasuk ane pastinya akan jungkir balik dan berkata wooow.
Kalo menurut pendapat ane sih, memang nggak salah banyak konsumen kini memburu city car menjadi pilihan kendaraan perkotaan. Tren city car bukan sekadar mengikuti atau berbicara desain mobil masa kini akan tetapi lebih kepada faktor ekonomis, efisien dan efektif  sehingga mobil ini cepat diterima masyarakat. Toyota dan Daihatsu langsung membaca peluang di atas dengan melakukan kolaborasi untuk membuat mobil murah ramah lingkungan dengan mengeluarkan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Kisaran harganya sekitar Rp 75 juta sampai Rp 105 juta. Jadi, benar-benar murah,” seperti diungkapkan Amelia Chandra, juru bicara PT Astra Daihatsu Motor. Selain murah, mobil ini juga ramah lingkungan. Sampai akhir tahun ini Daihatsu bakal memproduksi sebanyak 150 ribu unit Ayla, sementara Toyota 450 ribu unit Agya. Ini berarti, dari dua merek ini, akan ada 600 ribu mobil baru yang akan melaju di jalan raya…( Jakarta sekarang dapat tambahan banjir, banjir mobil…kweeek ! ).

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Toyota Agya Tipe G MT
Gambar : ridwanmobil.com

Pada 2014 mendatang,  pabrikan lain yang sudah menyiapkan mobil murah adalah Nissan dan Suzuki. Nissan akan kembali pada produk Datsun-nya akan dijual dengan kisaran harga sekitar Rp 60 juta dan Suzuki memperkenalkan model yang ditenggarai menjadi calon mobil murah di Indonesia yakni Suzuki Alto Suzuki Alto yang telah dirilis di India dengan harga sekitar Rp 46 juta. Esemka Rajawali juga akan masuk pada pasar mobil murah. Mobil yang akan diproduksi PT Solo Manufaktur Kreasi pada Oktober mendatang ini, diperkirakan akan dijual Rp 95 juta per unit. Mobil buatan pelajar SMK di Solo ini, bulan lalu telah lulus uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulis (BTMP).
Itulah kenapa, Astra sampai berani mengucurkan Rp 2,1 triliun untuk memproduksi Agya dan Ayla di pabrikmereka di kawasan industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.
Tentu saja, tak hanya Astra yang melirik pasar potensial ini, tapi juga Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan pabrikan lainnya. Tata Motors, misalnya. Produsen mobil Tata Nano ini akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk kendaraan penumpang. Sebelumnya, Tata telah membangun pabrik di Thailand pada 2007. Pabrik di Negeri Gajah itu bukan untuk kendaraan penumpang, melainkan kendaraan komersial.
Berapa dana yang akan dikeluarkan oleh Tata Motors? Belum jelas. Hanya saja di Thailand, mereka sampai menggelontorkan hampir Rp 5 triliun untuk membangun pabrik yang bisa menghasilkan 500 unit mobil perbulan. Bisa jadi, Indonesia akan lebih besar karena potensi pasar otomotifnya juga lebih besar.

Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Daihatsu Ayla Tipe Xi AT
 Gambar : ridwanmobil.com

Sekarang sobat mari kita bersama-sama melihat efek dari  penjualan mobil murah ini :
Penjualan mobil bekas lesu , untuk  penjualan mobil bekas, ane yakin pasti akan berdampak negatif. Tidak untuk semua jenis mobil bekas memang, akan tetapi lebih terkonsentrasi pada mobil bekas jenis city car yang paling terpukul (…mobil bekas jangan mau kalah dong… bales pukul dengan menjual mobil bekas supeeeer murah hihihi…). Namun jika mobil LCGC ini menjadi tren di dunia persilatan permobilan di Indonesia, bukan hal yang tidak mungkin juga akan merusak pasar mobil pada lain segmen. Kalo pasar motor pasti aman aja,  wueiits tunggu dulu…. “ hey motor ! , jangan ente pikir, ente bisa tenang-tenang aja” (ane dialog imaginer ama motor… gleeek)  meskipun ini berbicara mobil, bukan berarti penjualan motor akan aman-aman saja. Karena konsumen tentu berpikir dengan menambah uang sedikit lagi banyak manfaat yang didapatkan dengan memiliki mobil dibandingkan motor.
Jalan Makin Terasa Sempit, untuk yang satu ini ane hanya bisa komentar, bagi sobat yang lagi jalan-jalan ama doi apalagi di jalan raya jangan pernah sekali-kali berkata “ DUNIA HANYA MILIK KITA BERDUA” …coba liat samping kiri - samping kanan pasti banyak yang nemenin…..hiihihi.
BBM Terkuras, Itu baru kemacetan. Belum lagi mobil-mobil murah ini, pasti akan mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dalam jumlah cukup besar. memang tak semua mobil murah itu boros mengonsumsi BBM bersubsidi. Contohnya Ayla. Dengan mesin di bawah 1.300 cc, Ayla diklaim hanya mengonsumsi bahan bakar dengan rasio 1:30. Ini tentu saja sangat irit. Pemerintah berjanji akan memberikan insentif berupa pembebasan atau pengurangan pajak penjualan barang mewah (PPnBM), untuk mobil yang irit bahan bakar, ramah lingkungan, dan banyak memakai komponen dalam negeri atau yang dikenal dengan sebutan low cost green car(LCGC). Kabarnya dalam waktu yang tidak lama lagi regulasi yang mengatur hal di atas akan dikeluarkan. Pastinya, lembaga perbankan nanti bakal kebanjiran kredit pembelian mobil. Maklum, hampir 75% pembelian mobil dilakukan lewat kredit.

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Depan
Gambar : ridwanmobil.com

Dari cerita yang udah ketulis di atas, ane pikir masih banyak lagi kompensasi lainnya dari adanya mobil murah yang menurut kabar sempat membuat Mas Joko (Mas Jokowi) pusing tujuh keliling.  Paling tidak, kita hanya bisa berharap kompensasi sebagaimana telah disebutkan di atas bisa dihindari atau ada solusinya. Semoga dengan adanya mobil murah, bisa membuat masyarakat lebih sejahtera,……amiiin . Okehlah Sobat semua, mie rebus ane pun udah tinggal piringnya aja (sambil nyengir nggak jelas karena masih laper ….) dan ane mau ngecek anak ane ngerjain peernya, kita udahan dulu sementara ya , sampai bertemu pada artikel  berikutnya…… salaaaaaaaam.

Artikel Terkait

2 komentar: