Selasa, 16 Oktober 2012

Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Setelah pada episode sebelumnya (sinetron forever) kita melihat ulasan seputar All New Avanza, dalam episode kali ini, yuk kita gosipin bagaimana akhir hubungan cinta Fitri dan Farrel..…waduuh maksudnya Suzuki Ertiga. Di awal  tahun 2012 berhembus issue Suzuki akan mengeluarkan Low MPV dengan harga di bawah Avanza, akan tetapi memiliki fitur-fitur kenyamanan menyamai Innova. Berangkat dari sinilah saya begitu tertarik dengan Low MPV yang satu ini. Suzuki Ertiga merupakan line up produk Suzuki Global terbaru yang dikeluarkan  pertama kali oleh Suzuki Maruti di India. Tidak seperti sebagian  Produk Suzuki lainnya yang mendatangkan secara CBU (completely bulit up) dari Suzuki Maruti India seperti Suzuki Splash dan Suzuki Karimun Estilo. Suzuki Ertiga masuk ke Tanah Air dengan konsep CKD (completely knock down)/bongkar pasang, sehingga bisa menekan biaya Produksi. Dengan harga yang sangat kompetitif, pada akhirnya Suzuki Ertiga bisa diakses dengan harga sangat terjangkau dengan Fitur Fitur yang menggugah selera .....tapi nggak pake sambel.
Nama Ertiga merupakan saduran dari nama konsep aslinya Suzuki/R-III (row three) atau tiga baris kursi. Dengan mengadopsi Platform Suzuki Swift untuk ketiga variannya G, GL dan GX,  Ertiga memiliki kenyamanan setaraf sedan dan kabin yang luas untuk memudahkan penumpang keluar ataupun masuk serta  ruang kabin yang terdengar senyap, karena dilengkapi peredam suara yang efektif atau NVH: Noise, Vibration, Harshness (Kebisingan, Getaran, Kekerasan) disekeliling ruang kabin (Suer saya pernah nyobain naek ni mobil en bener kok!). Nilai jual positif  dari Suzuki Ertiga adalah dari Sisi keselamatan pasif maupun aktif. hadirnya teknologi SRS Air Bag, Immobilizer, alarm system, Horn dan Hazard, Warning, ABS + ABD, Side Impact Beam dan MID yang memberikan berbagai informasi yaitu 6 jenis Informasi dan Termometer (panel instrumen interior yang lengkap untuk ukuran mobil dikelasnya) menjadikan Suzuki Ertiga Value for Money (kira2 artinya nilai jual barang cocok ama kuantitas/kualitas barang itu sendiri…….cieee......)  serta terdepan untuk Keselamatan dan kenyamanan berkendara . Untuk sisi interior terlihat nuansa modern dan stylish, instrumen dirancang dengan desain yang modern dan mewah, kemudi dilengkapi dengan Electronic Power Steering dan Tilt steering, switch audio pada stir ditambah Head unit menggunakan integrasi audio system 2 Din yang dilengkapi CD player.  Anyway .....tuh kan pake gaya lagi, untuk interior Ertiga  jujur penilaian saya, sangat keren/ value for money/cocok bila disesuaikan dengan nilai jualnya sendiri.
Baiklah teman-teman, dari sudut eksterior Ertiga, dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya Ertiga emang terlihat simple tapi stylish, bagian depan ada Halogen Headlamp with multi reflectornya, Fog Lamp, Stylish Front Bumper, Front Grille, dan antenna dan ….. kuahnya dikit aja mas ya hihihi !. Serta di sisi samping Body color,terdapat Outside mirror with side turn signal , Body color Door handle (hanya GX, GL), Tire & Alloy Wheel 185/65 R15 dan tampilan body samping yang aerodinamis (I like it), kecuali penampakan lampu belakang yang menurut saya terlalu kecil karena udah abis penampakannya diborong kesamping  ( sueer I don’t like it) akan tetapi sekali lagi saya menggunakan istilah “  But overall is ok ”  dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan simpel dan stylish.
Untuk urusan dapur pacu ertiga mengandalkan……..eh ntar pending dulu ceritanya, saya bingung kenapa kalo urusan mesin mobil, harus dinamain “dapur pacu”, karena seingat saya dari jaman dulu yang namanya mobil nggak punya dapur, ditambah lagi, berpacunya kok di dapur yak ? ya sudahlah nggak usah dibahas, lebih baik saya kembali menceritakan isi dapur pacu Ertiga ( tuh kan nggak enak kedengarannya). Pada dapur pacu, Ertiga telah dipersenjatai (….nih satu lagi, kenapa mobil harus bersenjata coba !) dengan mesin seri K14B  yang terbuat dari bahan material yang lebih ringan agar kinerjanya lebih responsive (kalo yang ini beneran sesuai pas saya nyobain), namun tetap menjaga keefisiensian penggunaan bahan bakar dan telah memenuhi standar EURO-3 sehingga kandungan gas buangnya lebih bersih dari MPV lain umumnya. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 95 Ps pada 6.000rpm dengan torsi maksimum adalah 130 Nm pada putaran 4.000rpm.
Menurut keterangan Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales sebagaimana dilansir pada lipsus.kompas.com  mulai tahun depan, Suzuki Ertiga akan mengeluarkan tiga varian baru modifikasi Ertiga yaitu Ertiga Sporty, Ertiga Luxury dan Ertiga Crossover,  penampakannya dapat diliat di bawah
Ertiga Crossover
Ertiga Sporty
Ertiga Luxury
Untuk gambar-gambar modifikasi Ertiga yang keren (kalo menurut penilaian saya sih) temen-temen dapat langsung meluncur ke tekapehdetiksuzuki.wordpress.com
Okehlah kalo begitu, kesimpulan dari cerpen di atas dapat dilihat dari table di bawah ini :
DIMENSI / DIMENSION
ERTIGA
GA
GL
GX
Panjang Keseluruhan/Overall length
mm
4,265
Lebar Keseluruhan / Overall width
mm
1,695
Tinggi Keseluruhan / Overall height
mm
1,685
Jarak Poros Roda / Wheelbase
mm
2,740
Jarak Pijak Depan / Front tread
mm
1,480
Jarak Pijak Belakang / Rear tread
mm
1,490
Jarak terendah / Ground clearance
mm
185
Radius putar minimum / minimum turning radius
m
5.2
MESIN / ENGINE
Jenis / Type
K14B
Silinder / Cylinder
4 in-line
Jumlah katup / Number of valves
16
Isi silinder / Piston displacement
cc
1,373
Diameter x langkah / Bore x Stroke
mm
73.0 x 82.0
Perbandingan kompresi / Compression ratio
10
Daya maksimum / Maximum output
PS/rpm
95/6,000
Momen puntir maximum / Maximum torque
Nm/rpm
130/4,000
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution
Multi point injection
TRANSMISI / TRANSMISSION 5MT
Perbandingan Gigi / Gear ratio
1
3.909
2
2.043
3
1.407
4
1.064
5
0.815
Mundur/reverse
3.250
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio
4.687
RANGKA / CHASIS
Sistem kemudi / Steering
Rack& Pinion
Suspensi / Suspension
Depan/front
MacPhersostnr ut with coil spring
Belakang/rear
Torsionb eamw ithc oils pring
Rem / Brakes
ABS
-
ABS (EBD&BA)
Depab/front
Ventilated disc
Belakang/rear
Leading / Trailing Drum
Ukuran ban / Tyres
185/65 R15
BERAT / WEIGHT
Berat kendaraan kosong / Curb weight
Kg
1160
1175
1180
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight
Kg
1760
KAPASITAS / CAPACITY
Tempat duduk / Seating capacity
Orang / person
7
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity
Liter / litres
45
Source : promosuzuki.com

capek rasanya ngetik dari abis dhuhur, udah waktunya shalat ashar, akhirnya hanya kepada teman-teman penilaian untuk mobil ini kuserahkan, …..sampai bertemu pada episode cinta fitri berikutnya………  tuh kan salah lagi... maksudnya episode automotif lounge berikutnya, ....salaaaaaaaam. 
Baca Selengkapnya →Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Senin, 15 Oktober 2012

Yuk Kita Ulas All New Avanza !

Yuk Kita Ulas All New Avanza !
Terus terang ini pertama kali ini saya mencoba menulis artikel otomotif untuk blog saya, karena sebelumnya hanya copy paste (dengan menyebutkan sumber) dari blog atau website orang lain dan jujur saya nggak nyaman dengan kondisi itu. Kali ini daripada bengong sambil ngomongin orang (…gimana yak! lagi bengong kok bisa ngomong), mungkin lebih baik dengan segala keterbatasan, saya mencoba menulis terkait Low MPV yang sedang hangat dibicarakan atau digosipkan (kayak artis aja digosipin) yaitu All New Avanza, kalo kakaknya katanya orang sih dijuluki sebagai mobil sejuta umat walaupun yang digosipin nggak pernah sekalipun berdakwah dan mengaji….becanda hehehe.Okeh tanpa banyak berbasa-basi yuk kita bedah dan menyimak The King of Low MPV Indonesia  (kedepannya nggak tau tuh apa masih bisa jadi the king) melalui referensi blog/website otomotif yang mengulas tentang si raja hutan eeh…..maksudnya si raja low MPV ini sebelumnya.  
avanza veloz
Baiklah teman-teman, untuk model terbaru Avanza ini, secara keseluruhan dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya memang terlihat memiliki perubahan yang sangat mendasar, dan saya suka itu, kecuali penampakan bodi belakang yang menurut saya klonengan (mirip) Honda Jazz (coba di cek aja). But overall is ok dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan sporty dan macho.
 All New Avanza 2012 samping
begitu pula apabila kita melongok ke dalam (interior) mobil, perubahan mendasar juga diperlihatkan oleh All New Avanza ini. Dashboard yang elegan dengan kombinasi warna abu-abu dan hitam seakan mempertegas kesan sporty dan macho ditambah audio controller pada stir yang tentunya dilengkapi dengan fitur audio standar lainnya (Hanya pada Veloz). Kemudian pada kisi-kisi AC bagian tengah lebih lebar dan menggunakan blower tambahan sehingga tingkat kesejukan dipastikan akan berbeda dengan kakaknya.
All New Avanza 2012 kokpit
Namun sayangnya pada fitur keselamatan, Veloz sebagai varian tertinggi dari All New Avanza belum dilengkapi dengan airbag pada kedua sisi (hanya pada sisi penumpang), dan untuk sistem pengeremannya telah dilengkapi dengan ABS.
Nah sekarang kita coba masuk pada varian dan spesifikasi  All New Avanza :
All New Avanza 1.3 E M/T
All New Avanza 1.3 E A/T
All New Avanza 1.3 G M/T
All New Avanza 1.3 G A/T
All New Avanza 1.5 G M/T
All New Avanza Veloz 1.5 M/T
All New Avanza Veloz 1.5 A/T

Dimensi
Panjang: 4.140 mm
Lebar: 1.660 mm
Tinggi: 1.695 mm
Wheelbase: 2.655 mm
Ground clearance: 200 mm
Jarak pijak: depan 1.425 mm, belakang 1.435 mm

Sasis
Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic
Sistem kemudi: Rack & pinion with Electronic Power Steering (EPS) & Tolt Steering
Suspensi depan: MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang: 4 link lateral rod with coil spring
Rem depan: Ventilated disc
Rem belakang: Tromol
Ukuran ban: 1.3 liter: 185/70 R14 1.5 liter: 185/65 R15

Mesin
Tipe mesin: IL, 4 cylinder, 16 V, DOHC, VVT-i
Bahan bakar: Bensin
Sistem: Electronic Fule Injection (EFI)
Kapasitas tangki: 45 liter
1.3 liter
Kode mesin: K3-VE
Displacement: 1.298 cc
Daya maksimum: 92 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 11,9 kgm di 4.400 rpm
1.5 liter
Kode mesin: 3SZ-VE
Displacement: 1.495 cc
Daya maksimum: 104 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 13,9 kgm di 4.400 rpm -

Pada point of view dimensi (ciiee…. Gayanya poin op piu) di atas , terutama pada panjang dan lebar terdapat kelebihan dibandingkan dengan kakaknya dulu. Menurut saya sih, ini sedikit banyaknya berpengaruh positif  pada stabilitas mobil itu sendiri. Pada spesifikasi sasis dan mesin kalau saya boleh menilai dan merujuk pada komentar temen-temen, secara keseluruhan yah ampir nggak ada bedanya kalo adapun nggak cukup significant (horee akhirnya pake kata siknipikan dan nulis artikel sendiri). semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Baca Selengkapnya →Yuk Kita Ulas All New Avanza !

Minggu, 14 Oktober 2012

Gallardo Facelift Masuk Indonesia 2013


Lamborghini Indonesia Boyong Gallardo Facelift Tahun Depan


Lamborghini Indonesia Boyong Gallardo Facelift Tahun Depan
Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale (Foto: Topspeed)


Otosia.com - Penjualan Lamborghini di Indonesia tahun ini menunjukkan trend positif. PT. Artha Auto, sebagai agen Lamborghini Indonesia, mengumumkan bahwa mobil sport mewah asal Italia tersebut telah terjual sebanyak 30 unit.
Chief Operating Officer PT. Artha Auto, Endy Kusumo, mengatakan, dengan banderol hampir Rp. 10 miliar tiap unit, Lamborghini cukup diminati konsumen di Tanah Air. Penjualan di Jakarta didominasi model Lamborghini Aventador dan Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale, dengan persentase 'fifty - fifty'.
Endy menambahkan, di sela-sela acara kontes foto 'Lamborghini in the Old City' di Jakarta, Sabtu (13/10), Lamborghini Jakarta akan menghadirkan Lamborghini Gallardo LP 570-4 (facelift) pada tahun depan. Model terbaru itu telah diluncurkan di Paris Motor Show 2012.
Pada tahun ini, Lamborghini Jakarta hanya meluncurkan dua varian, yaitu Lamborghini Aventador dan Lamborghini Gallardo LP570-4 Super Trofeo Stradale.(kpl/bun)
Sumber : otosia.com


Baca Selengkapnya →Gallardo Facelift Masuk Indonesia 2013

Mesin Mobil Terbaru Kejutkan Industri Otomotif.

Dok. "PRLM"
Dok. "PRLM"


DETROIT, (PRLM).- Para peneliti di Michigan State University telah membuat prototipe mesin bensin yang tidak memerlukan transmisi, poros engkol, piston, katup, kompresi bahan bakar, dan sistem pendingin. Mesin jenis baru ini diberi nama Wave Disk Generator (generator piringan gelombang) yang mampu meningkatkan efisiensi mobil hibrida bensin-listrik lebih besar dan berpotensi mengurangi emisi hingga 90 persen bila dibandingkan dengan mesin pembakaran konvensional.
Seperti dikutip News Discovery, Rabu (6/4), mesin ini memiliki rotor yang dilengkapi dengan saluran-saluran mirip gelombang yang memerangkap campuran oksigen dan bahan bakar ketika rotor berputar. Lubang masukan pusat kemudian diblokir, menciptakan tekanan dalam ruangan, menyebabkan gelombang kejut yang menyalakan udara terkompresi dan bahan bakar untuk mengirimkan energi.
Wave Disk Generator menggunakan 60 persen bahan bakar untuk mendorong, sementara mesin-mesin mobil standar menggunakan hanya 15 persen. Sebagai hasilnya, generator ini memiliki efisiensi bahan bakar 3,5 kali mesin pembakaran konvensional.
Para peneliti memperkirakan model baru ini bisa memangkas hampir 1.000 pon bobot mobil yang menggunakan sistem mesin konvensional.
Pekan lalu, prototipe ini dipertunjukan ke divisi energi dari Advanced Research Projects Agency, yang mendanai Michigan State University Engine Research Laboratory sebesar $ 2,5 juta.
Tim insinyur dari Michigan State berharap untuk memiliki versi mobil berukuran 25-kilowatt, yang prototipe-nya siap di akhir tahun. (Aya/das)***
Baca Selengkapnya →Mesin Mobil Terbaru Kejutkan Industri Otomotif.

Maaaak Nggak kuat Liatnya (Ngileer Mode ON) ....- Modifkasi Range Rover Evoque.


3 Wajah Modif Keren Range Rover Evoque



(artikel2artikel.blogspot.com) - Land Rover Range Rover Evoque pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 di ajang Los Angeles Auto Show. Berbasis pada mobil konsep Land Rover LRX 2008, Evoque diperkuat oleh mesin 4 silinder berkapasitas 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 240 hp pada putaran mesin 5500 rpm.

Body crossovernya yang menawan bukan hanya membuat SUV ini tampil gagah, namun juga mewah dan elegan. Dan bagi sebagian orang tampil standar bukanlah sebuah kepuasan. Berikut beberapa versi Range Rover Evoque hasil sentuhan tangan-tangan profesional nan indah dan menawan.

Range Rover Evoque Rouge Edition 
Merupakan buah tangan modifikator asal Irlandia Onyx Concept.

Range Rover Evoque ‘Horus’
Range Rover yang satu ini menjelma menjadi Dewa "Horus" berkat tangan-tangan terampil modifikator asal Jerman Loder1899.

Range Rover Evoque RS2560
Adalah karya modifikator kenamaan asal Inggris Kahn Design, menurut Afzal Kahn, sang desainer, sentuhannya pada Evoque ini dilakukan sepenuh hati dan jiwanya.

Baca Selengkapnya →Maaaak Nggak kuat Liatnya (Ngileer Mode ON) ....- Modifkasi Range Rover Evoque.