Sabtu, 03 November 2012

Suzuki Alto akan Datang ! (Renungan buat Agya dan Ayla).

Salam untuk sobat  semua, setelah sekian lama, kali saya mencoba kembali mencoba mereview tentang mobil murah. Jujur Sob, sebenarnya saya geli sendiri membaca judul artikel kali ini, tapi karena saya sudah keabisan ide, ya udah saya lanjut aja (sejujurnya saya nggak setuju kalo mobil bisa-bisanya disuruh merenung… serius !). Ok, Sob kita mulai aja yah, Toyota dan Daihatsu sah sah memiliki mobil murah Agya dan Ayla yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Tapi, informasi baru yang kita dapatkan akhir-akhir ini, justru di India Suzuki sudah meluncurkan Alto 800 dengan harga termurahnya kira-kira Rp 47,3 juta dan termahalnya Rp 68,4 juta (kabarnya dalam waktu dekat juga akan merambah pasar Indonesia), artinya Jika di Indonesia mobil murah, masih on process untuk regulasinya di India ngebut duluan.  

Brojol pada tahun 2000, Alto saat itu langsung menjelma menjadi mobil terlaris di India, Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India, dalam situs resminya mengatakan bahwa Alto mengekspresikan penghargaan Suzuki kepada seluruh konsumen yang menaruh kepercayaan besar pada model ini, karena berhasil menjadi mobil terlaris di India selama delapan tahun berturut-turut.  Suzuki, Alto yang dilabel sebagai mobil murah memiliki  wajah  yang lebih up to date untuk melawan  tandingannya.

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Samping

Gambar : ridwanmobil.com
Suzuki Alto  yang dilepas oleh Maruti Suzuki di Bollywood…..  eeh maksud ane di India gitu…., adalah penyempurnaan dari Alto yang ada sekarang. Suzuki  Alto adalah  pilar Suzuki di India, sehingga dengan hadirnya  Alto baru diharapkan irama penjualan (Sobat setuju nggak ?  kalo lagi jualan pake irama…hihihi)  dapat  terus terjaga meski banyak pula  mobil murah lainnya menebar pesonanya masing-masing  ( tuh..kan bukan orang aja yang bisa ganjen,  mobil juga bisa  ! ).

Sobat sekalian, Suzuki Alto merupakan mobil Suzuki dengan konsep ramah lingkungan. Jadi untuk urusan murah dan ramah lingkungan, Suzuki alto akan bersanding/saing….sambil lirik-lirikan….. dengan Agya dan Ayla. Dengan konsep mobil murah dan ramah lingkungan, harga Suzuki alto diperkirakan berharga dibawah 100 juta rupiah (tergantung regulasi pemerintah Indonesia tentang konsep mobil murah dan ramah lingkungan). Karena tidak pastinya regulasi ini membuat produsen mobil murah di Indonesia harus menunggu tanda start dibunyikan untuk dapat berpacu di lintasan produksi …..dan yang terakhir baru bagi-bagi mendali (…..emang olimpiade atletik). 

Ok. Sobat, selanjutnya kita kunjungi bagian mesin Suzuki Alto yuk. Pada  reaktor penggerak Alto,  hadir sebongkah mesin lebih kurang  800 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm,  yang katanya memiliki efisiensi 15 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.1 liter bensin untuk berjalan sejauh 22,74 km.  sebagaimana dilansir oleh detik Oto  kutipan dari Wall Street Journal  "Ini adalah mobil murah yang memiliki banyak kelebihan," ungkap chief operating officer, marketing and sales, Maruti Suzuki India Mayank Pareek. Tapi meskipun  mengeluarkan Alto bermesin 800 cc , Suzuki ternyata akan tetap menjual Alto bermesin K10 berkapasitas 998 cc dan untuk Alto yang satu ini Suzuki mengklaim kalau mereka telah menerima pesanan hingga 10.000 unit.  Langkah Maruti Suzuki ini menguatkan komitmen Suzuki Indonesia ikut serta dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Apalagi, dari spesifikasi tidak berbeda jauh dengan Ayla-Agya yang udah curi start duluan.

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Depan
Gambar : ridwanmobil.com

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Eksterior Belakang
Gambar : ridwanmobil.com

Selanjutnya jika melihat desain exterior , grill dengan model hexagonal serta garis body mobil yang tegas akan terlihat jelas pada Suzuki alto. Dengan dimensi panjang 3395 mm, lebar 1490 mm dan tinggi 1475 mm serta bobot mencapai 725 kg ditambah wheelbase 2360mm akan memperlihatkan konsep mobil yang simple dan ekonomis dengan tidak meninggalkan prinsip keindahan. Pada desain interior, aroma minimalis menyambut kita dengan warna silver pada dashboard, trim dan kemudi yang menjadikan mobil dengan konsep murah ini tetap terlihat elegan dan berwibawa ….kayak ane gitu……(plaaakh masing-masing 3X  kiri dan kanan …aduh… caciiit ! …..iya janji….sambil kasih tanda “pis” ane nggak pake gaya lagi). 

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Dashboard
Gambar : ridwanmobil.com

Suzuki Alto Indonesia : Suzuki Alto Indonesia Kokpit
Gambar : ridwanmobil.com

Jadi kesimpulan dari cerita di atas untuk gambaran umum berupa dimensi maupun spesifikasi Suzuki Alto dapat kita lihat dibawah ini :

Dimensi  :
    • Panjang x Lebar x Tinggi: 3395 mm X 1490 mm X 1475 mm
    • Wheelbase: 2360 mm
    • Ground clearance: 160 mm
    • Kapasitas Penuh Tangki: 35-liter
    • Bobot: 720 kgs
Spesifkasi :
    • Mesin: 796 cc, 3-Silinder, 12-valves
    • Power: 47.5 BHP @ 6000 RPM 
    • Torque: 69 Nm @ 3500 RPM
    • Transmisi: 5-speed manual
    • Top Speed: 140 km/h 0-100 km/h: 19 seconds (est)
    • Konsumsi Bahan Bakar: 16-17 km/l (City), 18-19 km/l (highway) 
    • Jenis BBM : Bensin….Pertamax juga boleh kalo banyak duitnya. 
    • Suspensi: Mcpherson Struts (Front), Coil Springs (Rear)
    • Ban: 145/80/12 Tubeless Radials 
    • Rem: Disc (Front), Drum (Rear) 
    • Sistem Pengamanan: iCats Immobilizer, Driver Side Airbag (Optional)
Menurut rencana Suzuki alto ini diharapkan sudah beredar di Indonesia di tahun 2013. Semoga regulasi mobil murah dan ramah lingkungan Indonesia secepatnya dapat ditentukan oleh pemerintah Indonesia sehingga mendapat kepastian tentang harga Suzuki alto dan mobil murah lainnya ketika berpacu di Indonesia. Sobat sekalian, makasih ya, udah mampir di blogku yang sederhana ini. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Selengkapnya →Suzuki Alto akan Datang ! (Renungan buat Agya dan Ayla).

Jumat, 26 Oktober 2012

Pilih Aku atau Dia ! ( Kisah Agya dan Ayla )


Akhirnya setelah sekian lama tidak bersua, baru kali ini saya berkesempatan kembali menemani teman-teman dalam artikel otomotif (kali ini saya seperti penyiar radio yak!),  dalam kesempatan ini daripada bengong sambil ngupil (..….iiih merinding membayangkannya, jika lagi gituan, terus dipoto wartawan kompas terus jadi headline besoknya dengan judul  “ BERPACU DENGAN UPIL ”…iiiih nggak lepel, berpacu kok dengan upil), lebih baik kita bahas siapa sih sebenarnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla,  Karena memang sekarang mobil murah sedang menjadi trending topic, khususnya kedua brand tadi. Sebelum kita kupas Agya dan Ayla, saya ingin menyampaikan kekaguman dengan strategi Toyota dan Daihatsu dalam pasar otomotif tanah air. Di awal tahun 2004, kalo saya nggak salah mereka langsung menggebrak dengan  “ Low MPV kembar ” Avanza dan Xenia, dan ketika produsen lain mencoba untuk “ belajar “ bersaing di kelas dimaksud dengan mengeluarkan produk tandingannya, eeh malah dua perusahaan tadi “ curi start ” dengan ngeluarin mobil murah ( Low Cost Green Car/LCGC ) dengan sikembar city car Agya dan Ayla…. Ruaaar Biasa !.
Nama Agya berasal dari bahasa sanskerta yang artinya cepat, sedangkan Ayla berarti cahaya. Toyota Agya menggunakan logo burung garuda, Daihatsu Ayla menggunakan logo huruf A.

 Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Tampilan Depan
Gambar : ridwanmobil.com

Sebagaimana yang telah dirasakan oleh saudara kembar mereka sebelumnya Avanza/Xenia (artis senior/papan atas), Agya dan Ayla (artis pendatang baru) selalu menjadi  pembicaraan intens akhir-akhir ini, baik pro maupun kontra (sama yak ! dengan dunia politik pas mau pilkada), sebagai LCGC generasi pertama tentu mobil ini menjadi  pertimbangan utama bagi masyarakat yang pengen ganti kendaraannya dari roda dua ke roda empat.  Agya dan Ayla sebagai mobil rakyat memang mempunyai ciri khas tersendiri penampilannya menarik sekaligus bersahaja (kayak pendekar2 Kopingho).  Walaupun mereka digolongkan mobil murah, sehingga ada fitur-fitur standar yang hilang, akan tetapi menurut saya fungsi utamanya sebagai alat untuk ngajak keluarga jalan-jalan bisa tercapai, pengen seger tapi ACnya nggak ada ya buka jendela angin ribut pasti masuk (kaciaaan), pengen dengerin lagu tapi tapenya kagak ada, kan hape sekarang udah banyak yang speaker on (pokoke lagunya kedenger), betulin kaca spion,  dari jaman babeh kita dulu juga manual aja tuh (jangan manja deh), dan lain lain, prinsip utamanya menurut saya adalah dengan harga murah Agya dan Ayla banyak keluarga Indonesia yang senang dan terpenuhi keinginannya untuk memliki mobil baru (yang modalnya pas-pasan pasti jatuh cinta berat sama Agya dan Ayla sebagaimana semboyan LION AIR “ Everybody Can Fly = Everybody Can have a New Car “ hehehe).
 Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Belakang
Gambar : ridwanmobil.com 
seperti halnya avanza-Xenia dan  Rush-Terios, Agya dan Ayla lahir bersamaan dan menjadi produk kembar akan tetapi tidak berarti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tidak mempunyai perbedaan. baik dari eksterior maupun interior/ fitur yang ada didalamnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla justru memiliki perbedaan yang mendasar walaupun dari model eksterior saya akui, keduanya sama-sama menggugah selera. Pertama Toyota Agya berlogo emblem burung garuda berbingkai elips sedangkan pada Daihatsu Ayla berbentuk menyerupai huruf A berbingkai elips sedangkan pada bagian belakang mobil, Toyota Agya mempunyai logo “Astra Toyota” sedang Daihatsu Ayla menempelkan logo “Astra Daihatsu”.
Okelah, sekarang yuk kita lihat  beberapa perbedaan antara Agya dan Ayla. Dalam hal desain grill, bemper, dan fog lamp Agya dan Ayla sangat berbeda. Agya memilih grill model smile yang elegant sedangkan Daihatsu Ayla memilih grill yang tinggi dari bawah sampai ke kap mesin “ sporty look  “ ….mirip mitsubishi evo gitulah. Kemudian pada versi termurahnya Ayla tidak dilengkapi Fitur airbag, headrest sehingga dari segi kelengkapan, baru terlihat  bahwa Ayla tipe terendah tidak akan dilengkapi AC, Power Steering, Power Window, dan audio. Hanya versi tertinggi Ayla
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Toyota Agya Tipe G MT
Gambar : ridwanmobil.com
yang dilengkapi semua itu sedangkan untuk versi tertinggi Agya, telah menghadirkan fitur seperti air bag, AC, power window, power steering, electric mirror, audio dll. plus ditambahi airbag sebagai pelindung pengemudi dan juga body kit ala TRD-S yang membuat Agya sehingga beraroma sporty (relatif lebih lengkap dibandingkan Ayla) sehingga dipastikan harga Daihatsu Ayla yang dibanderol Rp.75 jt  s/d Rp.105 jt. akan lebih murah dibandingkan Toyota Agya walaupun harga resminya belum diumumkan.
Mengenai beda desain menurut Mark Widjaja, sang perancang, "Karena Toyota dan Daihatsu sekarang memiliki Corporate Identity masing-masing. Agar masing-masing memiliki ciri masing-masing. Supaya dari jauh bisa ketahuan mana yang Toyota dan mana yang Daihatsu. Dan ini berbeda dengan Xenia dan Avanza, dimana kandungannya harus bagus, bagasinya luas, dan namanya juga harus lokal. Selain itu kan yang mendesain Daihatsu Motor, padahal waktu itu Daihatsu dari berbagai negara seperti yang berada Prancis dan Italia juga mengajukan. Tapi ternyata kita (Astra Daihatsu Motor) yang dipilih," ungkapnya. 
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Daihatsu Ayla Tipe Xi AT
Gambar : ridwanmobil.com

Akan tetapi dengan label mobil murah, terkadang kita harus obyektif terhadap performa yang kita dapatkan dari Agya dan Ayla (iya iya gan ane ngerti , kagak minta macem2...kwek!), antara lain Dengan kapasitas mesin yang kecil sekitar 1000 cc untuk ukuran mobil hatch back city car maka tenaga yang dihasilkan juga sekedar saja yakni 65 ps saja sehingga akselerasi pastinya jugaakan lambat, untuk mencapai speed 100km/jam memerlukan waktu sekitar 14 detik. Bobot  ringan juga membuat kedua mobil ini tidak cocok untuk akselerasi cepat.
Akan tetapi pula dalam label murah tersebut,  Agya dan Ayla memiliki nilai plus seperti dirancang melalui waktu pengembangan selama tiga tahun sehingga dari segi keamanan dan kenyamanan mobil ini bisa dikedepankan. peraturan Low Cost and Green Car (LCGC) mengikat Agya dan Ayla sehingga harganya murah dan ramah lingkungan.  Agya dan Ayla sangat irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena menggunakan mesin Model baru yang menyasar segmen pembeli mobil pemula (entry level) tersebut mengusung mesin 998 cc DOHC fuel injection dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 30km/liter. Salah satu syarat LCGC sendiri antara lain konsumsi BBM kendaraan tersebut minimal sebesar 22 km/liter.
, kemudian Toyota Agya dan Daihatsu Ayla memiliki kabin  yang luas dan nyaman dengan kapasitas 5 penumpang  (...5 penumpang cukup saya pikir karena kalo pengen 20 atau 25 itu namanya bus antar kota hihihi). Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dikerjakan dengan persentase 84% konten Indonesia sehingga layak perintis proyek mobil nasional.  Yang terakhir dan  paling penting menurut saya adalah keinginan masyarakat tentang mobil murah dan terjangkau dari sisi harga telah dijawab oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.
Perbedaan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla : Perbedaan Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Interior
Gambar : ridwanmobil.com

Sebagaimana dilansir dalam pemberitaan-pemberitaan dunia otomotif, pidato yang disampaikan Presdir Daihatsu Motor Corp (DMC) Koichi Ina maupun Wakil Presdir Toyota Motor Corp (TMC) Yukitoshi Funo, jelas terlihat harapan bahwa mobil hasil kolaborasi itu bisa masuk dalam program LCGC, karena didesain khusus untuk pasar Indonesia, meskipun tidak tertutup kemungkinan model yang diproduksi di Indonesia itu diekspor ke mancanegara.
Dengan demikian, Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla merupakan bentuk keberanian Grup Astra tetap melaju di tengah segmen pasar otomotif yang relatif baru, meski insentif yang dijanjikan belum kunjung datang.
Overall (kata yang nggak mungkin dilupakan dalam setiap penulisan artikel….abis keren sih) walau sekedar preview prospek positif yang menjanjikan kepada Agya dan Ayla dapat kita rasakan. Sekaligus memberi gambaran tentang LCGC , Walau sampai saat ini kebijakan LCGC belum kelar-kelar juga, tapi dengan adanya tampilnya  Agya dan Ayla (lama-lama perasaan, kok kayak orang pacaran ya, …..mirip ratna dan galih gituuu) dapat membuat produsen mobil lain terangsang  mengeluarkan produk tandingannya dan  menjadi jawaban bagi kita bahwa LCGC bukan MIMPI BELAKA, ceriiiiiiiio, bye bye, da da pusiiiiiinng ! ( lebay … mode on). 


Baca Selengkapnya →Pilih Aku atau Dia ! ( Kisah Agya dan Ayla )

Selasa, 16 Oktober 2012

Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Setelah pada episode sebelumnya (sinetron forever) kita melihat ulasan seputar All New Avanza, dalam episode kali ini, yuk kita gosipin bagaimana akhir hubungan cinta Fitri dan Farrel..…waduuh maksudnya Suzuki Ertiga. Di awal  tahun 2012 berhembus issue Suzuki akan mengeluarkan Low MPV dengan harga di bawah Avanza, akan tetapi memiliki fitur-fitur kenyamanan menyamai Innova. Berangkat dari sinilah saya begitu tertarik dengan Low MPV yang satu ini. Suzuki Ertiga merupakan line up produk Suzuki Global terbaru yang dikeluarkan  pertama kali oleh Suzuki Maruti di India. Tidak seperti sebagian  Produk Suzuki lainnya yang mendatangkan secara CBU (completely bulit up) dari Suzuki Maruti India seperti Suzuki Splash dan Suzuki Karimun Estilo. Suzuki Ertiga masuk ke Tanah Air dengan konsep CKD (completely knock down)/bongkar pasang, sehingga bisa menekan biaya Produksi. Dengan harga yang sangat kompetitif, pada akhirnya Suzuki Ertiga bisa diakses dengan harga sangat terjangkau dengan Fitur Fitur yang menggugah selera .....tapi nggak pake sambel.
Nama Ertiga merupakan saduran dari nama konsep aslinya Suzuki/R-III (row three) atau tiga baris kursi. Dengan mengadopsi Platform Suzuki Swift untuk ketiga variannya G, GL dan GX,  Ertiga memiliki kenyamanan setaraf sedan dan kabin yang luas untuk memudahkan penumpang keluar ataupun masuk serta  ruang kabin yang terdengar senyap, karena dilengkapi peredam suara yang efektif atau NVH: Noise, Vibration, Harshness (Kebisingan, Getaran, Kekerasan) disekeliling ruang kabin (Suer saya pernah nyobain naek ni mobil en bener kok!). Nilai jual positif  dari Suzuki Ertiga adalah dari Sisi keselamatan pasif maupun aktif. hadirnya teknologi SRS Air Bag, Immobilizer, alarm system, Horn dan Hazard, Warning, ABS + ABD, Side Impact Beam dan MID yang memberikan berbagai informasi yaitu 6 jenis Informasi dan Termometer (panel instrumen interior yang lengkap untuk ukuran mobil dikelasnya) menjadikan Suzuki Ertiga Value for Money (kira2 artinya nilai jual barang cocok ama kuantitas/kualitas barang itu sendiri…….cieee......)  serta terdepan untuk Keselamatan dan kenyamanan berkendara . Untuk sisi interior terlihat nuansa modern dan stylish, instrumen dirancang dengan desain yang modern dan mewah, kemudi dilengkapi dengan Electronic Power Steering dan Tilt steering, switch audio pada stir ditambah Head unit menggunakan integrasi audio system 2 Din yang dilengkapi CD player.  Anyway .....tuh kan pake gaya lagi, untuk interior Ertiga  jujur penilaian saya, sangat keren/ value for money/cocok bila disesuaikan dengan nilai jualnya sendiri.
Baiklah teman-teman, dari sudut eksterior Ertiga, dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya Ertiga emang terlihat simple tapi stylish, bagian depan ada Halogen Headlamp with multi reflectornya, Fog Lamp, Stylish Front Bumper, Front Grille, dan antenna dan ….. kuahnya dikit aja mas ya hihihi !. Serta di sisi samping Body color,terdapat Outside mirror with side turn signal , Body color Door handle (hanya GX, GL), Tire & Alloy Wheel 185/65 R15 dan tampilan body samping yang aerodinamis (I like it), kecuali penampakan lampu belakang yang menurut saya terlalu kecil karena udah abis penampakannya diborong kesamping  ( sueer I don’t like it) akan tetapi sekali lagi saya menggunakan istilah “  But overall is ok ”  dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan simpel dan stylish.
Untuk urusan dapur pacu ertiga mengandalkan……..eh ntar pending dulu ceritanya, saya bingung kenapa kalo urusan mesin mobil, harus dinamain “dapur pacu”, karena seingat saya dari jaman dulu yang namanya mobil nggak punya dapur, ditambah lagi, berpacunya kok di dapur yak ? ya sudahlah nggak usah dibahas, lebih baik saya kembali menceritakan isi dapur pacu Ertiga ( tuh kan nggak enak kedengarannya). Pada dapur pacu, Ertiga telah dipersenjatai (….nih satu lagi, kenapa mobil harus bersenjata coba !) dengan mesin seri K14B  yang terbuat dari bahan material yang lebih ringan agar kinerjanya lebih responsive (kalo yang ini beneran sesuai pas saya nyobain), namun tetap menjaga keefisiensian penggunaan bahan bakar dan telah memenuhi standar EURO-3 sehingga kandungan gas buangnya lebih bersih dari MPV lain umumnya. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 95 Ps pada 6.000rpm dengan torsi maksimum adalah 130 Nm pada putaran 4.000rpm.
Menurut keterangan Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales sebagaimana dilansir pada lipsus.kompas.com  mulai tahun depan, Suzuki Ertiga akan mengeluarkan tiga varian baru modifikasi Ertiga yaitu Ertiga Sporty, Ertiga Luxury dan Ertiga Crossover,  penampakannya dapat diliat di bawah
Ertiga Crossover
Ertiga Sporty
Ertiga Luxury
Untuk gambar-gambar modifikasi Ertiga yang keren (kalo menurut penilaian saya sih) temen-temen dapat langsung meluncur ke tekapehdetiksuzuki.wordpress.com
Okehlah kalo begitu, kesimpulan dari cerpen di atas dapat dilihat dari table di bawah ini :
DIMENSI / DIMENSION
ERTIGA
GA
GL
GX
Panjang Keseluruhan/Overall length
mm
4,265
Lebar Keseluruhan / Overall width
mm
1,695
Tinggi Keseluruhan / Overall height
mm
1,685
Jarak Poros Roda / Wheelbase
mm
2,740
Jarak Pijak Depan / Front tread
mm
1,480
Jarak Pijak Belakang / Rear tread
mm
1,490
Jarak terendah / Ground clearance
mm
185
Radius putar minimum / minimum turning radius
m
5.2
MESIN / ENGINE
Jenis / Type
K14B
Silinder / Cylinder
4 in-line
Jumlah katup / Number of valves
16
Isi silinder / Piston displacement
cc
1,373
Diameter x langkah / Bore x Stroke
mm
73.0 x 82.0
Perbandingan kompresi / Compression ratio
10
Daya maksimum / Maximum output
PS/rpm
95/6,000
Momen puntir maximum / Maximum torque
Nm/rpm
130/4,000
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution
Multi point injection
TRANSMISI / TRANSMISSION 5MT
Perbandingan Gigi / Gear ratio
1
3.909
2
2.043
3
1.407
4
1.064
5
0.815
Mundur/reverse
3.250
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio
4.687
RANGKA / CHASIS
Sistem kemudi / Steering
Rack& Pinion
Suspensi / Suspension
Depan/front
MacPhersostnr ut with coil spring
Belakang/rear
Torsionb eamw ithc oils pring
Rem / Brakes
ABS
-
ABS (EBD&BA)
Depab/front
Ventilated disc
Belakang/rear
Leading / Trailing Drum
Ukuran ban / Tyres
185/65 R15
BERAT / WEIGHT
Berat kendaraan kosong / Curb weight
Kg
1160
1175
1180
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight
Kg
1760
KAPASITAS / CAPACITY
Tempat duduk / Seating capacity
Orang / person
7
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity
Liter / litres
45
Source : promosuzuki.com

capek rasanya ngetik dari abis dhuhur, udah waktunya shalat ashar, akhirnya hanya kepada teman-teman penilaian untuk mobil ini kuserahkan, …..sampai bertemu pada episode cinta fitri berikutnya………  tuh kan salah lagi... maksudnya episode automotif lounge berikutnya, ....salaaaaaaaam. 
Baca Selengkapnya →Suzuki Ertiga, Gosipin yuk !

Senin, 15 Oktober 2012

Yuk Kita Ulas All New Avanza !

Yuk Kita Ulas All New Avanza !
Terus terang ini pertama kali ini saya mencoba menulis artikel otomotif untuk blog saya, karena sebelumnya hanya copy paste (dengan menyebutkan sumber) dari blog atau website orang lain dan jujur saya nggak nyaman dengan kondisi itu. Kali ini daripada bengong sambil ngomongin orang (…gimana yak! lagi bengong kok bisa ngomong), mungkin lebih baik dengan segala keterbatasan, saya mencoba menulis terkait Low MPV yang sedang hangat dibicarakan atau digosipkan (kayak artis aja digosipin) yaitu All New Avanza, kalo kakaknya katanya orang sih dijuluki sebagai mobil sejuta umat walaupun yang digosipin nggak pernah sekalipun berdakwah dan mengaji….becanda hehehe.Okeh tanpa banyak berbasa-basi yuk kita bedah dan menyimak The King of Low MPV Indonesia  (kedepannya nggak tau tuh apa masih bisa jadi the king) melalui referensi blog/website otomotif yang mengulas tentang si raja hutan eeh…..maksudnya si raja low MPV ini sebelumnya.  
avanza veloz
Baiklah teman-teman, untuk model terbaru Avanza ini, secara keseluruhan dari bodi samping, tampak depan dan belakangnya memang terlihat memiliki perubahan yang sangat mendasar, dan saya suka itu, kecuali penampakan bodi belakang yang menurut saya klonengan (mirip) Honda Jazz (coba di cek aja). But overall is ok dari sisi penampilan yang menggambarkan kesan sporty dan macho.
 All New Avanza 2012 samping
begitu pula apabila kita melongok ke dalam (interior) mobil, perubahan mendasar juga diperlihatkan oleh All New Avanza ini. Dashboard yang elegan dengan kombinasi warna abu-abu dan hitam seakan mempertegas kesan sporty dan macho ditambah audio controller pada stir yang tentunya dilengkapi dengan fitur audio standar lainnya (Hanya pada Veloz). Kemudian pada kisi-kisi AC bagian tengah lebih lebar dan menggunakan blower tambahan sehingga tingkat kesejukan dipastikan akan berbeda dengan kakaknya.
All New Avanza 2012 kokpit
Namun sayangnya pada fitur keselamatan, Veloz sebagai varian tertinggi dari All New Avanza belum dilengkapi dengan airbag pada kedua sisi (hanya pada sisi penumpang), dan untuk sistem pengeremannya telah dilengkapi dengan ABS.
Nah sekarang kita coba masuk pada varian dan spesifikasi  All New Avanza :
All New Avanza 1.3 E M/T
All New Avanza 1.3 E A/T
All New Avanza 1.3 G M/T
All New Avanza 1.3 G A/T
All New Avanza 1.5 G M/T
All New Avanza Veloz 1.5 M/T
All New Avanza Veloz 1.5 A/T

Dimensi
Panjang: 4.140 mm
Lebar: 1.660 mm
Tinggi: 1.695 mm
Wheelbase: 2.655 mm
Ground clearance: 200 mm
Jarak pijak: depan 1.425 mm, belakang 1.435 mm

Sasis
Transmisi: 5-speed manual, 4-speed automatic
Sistem kemudi: Rack & pinion with Electronic Power Steering (EPS) & Tolt Steering
Suspensi depan: MacPherson Strut with Coil Spring
Suspensi belakang: 4 link lateral rod with coil spring
Rem depan: Ventilated disc
Rem belakang: Tromol
Ukuran ban: 1.3 liter: 185/70 R14 1.5 liter: 185/65 R15

Mesin
Tipe mesin: IL, 4 cylinder, 16 V, DOHC, VVT-i
Bahan bakar: Bensin
Sistem: Electronic Fule Injection (EFI)
Kapasitas tangki: 45 liter
1.3 liter
Kode mesin: K3-VE
Displacement: 1.298 cc
Daya maksimum: 92 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 11,9 kgm di 4.400 rpm
1.5 liter
Kode mesin: 3SZ-VE
Displacement: 1.495 cc
Daya maksimum: 104 PS di 6.000 rpm
Torsi maksimum: 13,9 kgm di 4.400 rpm -

Pada point of view dimensi (ciiee…. Gayanya poin op piu) di atas , terutama pada panjang dan lebar terdapat kelebihan dibandingkan dengan kakaknya dulu. Menurut saya sih, ini sedikit banyaknya berpengaruh positif  pada stabilitas mobil itu sendiri. Pada spesifikasi sasis dan mesin kalau saya boleh menilai dan merujuk pada komentar temen-temen, secara keseluruhan yah ampir nggak ada bedanya kalo adapun nggak cukup significant (horee akhirnya pake kata siknipikan dan nulis artikel sendiri). semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Baca Selengkapnya →Yuk Kita Ulas All New Avanza !