Jumat, 12 Oktober 2012

Rahasia Cara Cuci Mobil !



(autobildindonesia.com)Mencuci mobil adalah pekerjaan yang menyenangkan. Namun akan berubah menjadi bencana jika salah dalam proses mengerjakannya. Kami kumpulkan beberapa hal yang umum ditanyakan mengenai proses mencuci mobil. 

1. Bagaimana jika mobil langsung dikeringkan setelah terkena hujan? 
Kadang kita mengambil langkah praktis dengan langsung mengeringkannya. Padahal di sekujur tubuh mobil masih tersimpan kotoran halus yang berpotensi menyebabkan baret jika dilap. Anda tetap harus menyiramnya lebih dulu untuk memastikan kotoran seperti pasir halus sudah hilang. 

2. Apakah fungsi spons? 
Karena sifatnya mampu menyimpan air dalam jumlah besar, spons digunakan untuk meratakan sampo di permukaan bodi mobil. Tidak disarankan untuk membilas atau mengeringkan karena spons mudah menangkap kotoran sehingga berpotensi menyebabkan baret halus. 

3. Bolehkah memakai sikat kawat untuk mencuci mobil? 
Sikat ini sangat abrasif. Ia hanya dipakai untuk menyikat sisi dalam sepatbor. Dengan catatan, sikat plastik yang dipakai telah gagal untuk mengenyahkan kotoran. Penggunaannya pun tidak terlalu sering karena akan merusak lapisan anti karat. 

4. Bisakah menggunakan jet washer untuk mencuci mobil? 
Sepanjang listrik di rumah Anda memadai, tidak ada masalah. Selain memudahkan, penyemprot bertekanan tinggi ini juga memiliki aksesori berupa nozzle lain yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan berbeda. 

5. Kain apa yang paling layak dipakai untuk mencuci? 
Ada dua: chamois alias kain kulit sintesis dan kain mikrofiber. Saat meratakan air, kain mikrofiber lebih layak digunakan karena sifatnya yang dapat mengangkat debu halus dari permukaan. Sementara chamois digunakan saat proses pengeringan, dan mikrofiber kembali digunakan untuk finishing sehingga tak ada air tersisa. 

6. Bagaimana cara membersihkan pelek alloy? 
Pelek modern memiliki karakter mirip dengan bodi mobil. Makanya perlakukanlah pelek layaknya mencuci bodi mobil. Jangan menunda untuk membersihkan karena mudah muncul jamur. Hindari pemakaian sikat untuk membersihkan karena akan menimbulkan baret halus. 

7. Mengapa baret tetap timbul walau sudah pakai kain mikrofiber? 
Kain mikrofiber bukan alat untuk menyulap mobil menjadi mengilap. Perlu trik saat menggunakannya. Seperti tidak mengelap dengan cara diputar serta membersihkannya setelah digunakan. Selain itu, kain ini memiliki batas waktu pemakaian yang efektif untuk membersihkan. 

8. Bagian bodi mobil mana yang paling mudah terserang jamur? 
Kap mesin. Posisinya yang landai membuat air lebih sulit mengalir. Akibatnya air mengering di tempat dan mengakibatkan jamur tumbuh. Begitu pula dengan panas dari mesin yang mempercepat proses mengeringnya air. 

9. Bagaiman dengan atap mobil? 
Karena lebih sulit terjangkau, membuat malas membersihkannya. Padahal atap mobil mirip seperti kap mesin. Meski tidak ada mesin di bawahnya, panas dari kabin akibat dijemur di bawah terik matahari juga berpotensi mempercepat proses mengeringnya air. 

10. Bagian mana yang pertama dibersihkan saat mencuci mobil? 
Bagian terkotor yakni seperempat bodi ke bawah. Semprot dengan air bertekanan untuk meluruhkan kotoran dan kemudian diseka untuk menuntaskannya. Setelah itu, naik ke bagian tertinggi dan terus turun hingga paling bawah kembali. 

11. Bagian mana yang kerap terlupakan saat mencuci mobil? 
Area-area terpencil seperti tuas pintu, emblem, sela-sela seputar spion samping, wiper, rumah foglamp dan celah antara pintu dan panel bodi. Bagian ini kerap terlupakan saat mengeringkan karena letaknya seringkali tersembunyi. 

12. Perlukah rongga di dalam pintu dibersihkan? 
Perlu, karena di dalamnya banyak bersembunyi kotoran dan debu. Apalagi jika karet kaca sudah getas sehingga kotoran mudah menyelinap ke dalam. Apalagi selain membersihkan rongga pintu, Anda dapat memeriksa dan merawat power window dan tuas pintu beserta penguncinya. 

13. Penyakit apa yang menghantui kaca mobil? 
Sama dengan bodi, kaca rentan terhadap jamur dan jelaga. Namun implikasinya lebih berat, terutama kaca depan. Karena penyakit tersebut dapat mengganggu visibilitas. Bersihkan kaca dengan cairan pembersih piring untuk kondisi darurat dan tambahkan air wiper dengan cairan pembersih kaca untuk merawatnya. 

14. Bolehkah bodi mobil dilapisi wax? 
Silakan saja sepanjang diaplikasikan setelah mobil dicuci bersih. Jika tidak, sama saja memberi perlindungan pada jamur dan kotoran yang hinggap karena fungsi wax untuk melapisi. Sebaiknya mobil bisa dipoles terlebih dahulu, yang disusul wax. Begitu pula untuk perawatan rutin wax digunakan. 

15. Bolehkah mengelap sisi dalam kaca? 
Silakan saja. Apalagi bagian ini sering timbul bercak seperti bekas tangan atau lainnya. Yang harus diperhatikan adalah pastikan kaca benar-benar kering saat finishing. Tidak ada noda air tersisa yang dapat mengganggu pandangan dan jika dibiarkan lama akan menumbuhkan jamur. 

16. Bagaimana membersihkan panel kayu dan krom? 
Kedua panel tersebut umumnya telah diberi lapisan pernis agar terlihat mengilap dan melindungi dari kotoran. Membersihkannya pun mudah karena hanya bermodalkan kain bersih dan air. Pastikan kering sempurna agar tidak menimbulkan bercak dan hindari dari cairan pembersih karena justru akan merusak. 

17. Bagaimana mengangkat noda dari bahan fabric? 
Yang termudah adalah menggunakan air hangat dan sikat nylon. Jika gagal, cairan pembersih kain yang banyak beredar dapat digunakan. Jangan terlalu lama mendiamkan noda pada kain karena semakin sulit untuk menghilangkannya. 

18. Mengapa kaca spion bagian dalam buram? 
Jika Anda perokok, hal itu disebabkan asap rokok. Namun jika tidak, itu bisa terjadi akibat kotoran dari luar menempel dan membentuk lapisan minyak. Seperti halnya kaca depan, cairan pembersih piring atau pembersih khusus kaca bisa membersihkannya. 

19. Bagaimana jika ingin mencuci ruang mesin? 
Tidak disarankan mencuci ruang mesin. Apalagi jika memakai penyemprot air bertekanan. Perlakuan itu dapat mengakibatkan mesin bermasalah karena sistem kelistrikan terkontaminasi air. Jika kondisi mesin sudah terlalu kotor, gunakan engine degreaser yang banyak beredar di pasar. 

20. Bagaimana cara menghilangkan aspal di bodi mobil? 
Cuci dan keringkan mobil. Selanjutnya perhatikan area yang berpotensi terkena cipratan aspal. Gunakan tar and bugs removal untuk menghilangkannya. Hal serupa dapat dilakukan untuk mengusir sisa serangga. 

21. Bagaimana membersihkan kotoran pada bahan kulit? 
Kulit mudah dibersihkan karena pori-porinya halus. Cukup diseka dengan kain setengah basah oleh air hangat. Tapi jika sudah mengering, leather and vinyl cleaner dapat digunakan. Aplikasikan leather conditioner untuk menjaga kelembaban kulit agar permukaannya tidak mudah getas. 

22. Bagaimana cara membersihkan kolong kabin? 
Yang termudah adalah menggunakan vaccum cleaner. Arahkan ke segala sudut terutama kolong bangku. Turunkan karpet plastik dan sedot debu yang menempel di karpet dasar. Jika bahannya plastik, dapat dilap dengan kain setengah basah. Di pasar juga tersedia pembersih karpet mobil. 

23. Seberapa penting menjaga kebersihan kain fabric? 
Sangat penting. Hal ini karena bahan tersebut memiliki pori-pori besar yang berpeluang menyimpan debu dan kotoran. Cara termudah melihatnya adalah dengan memukul bangku berbahan fabric. Dijamin debu akan berterbangan dan Anda pun yakin akan pentingnya menjaga kebersihan kain jenis ini. 

24. Bagaimana cara merawat wood panel? 
Perawatan wood panel  bisa menggunakan cairan khusus dari produk-produk car care  yang ada di pasar. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan wax, dengan catatan hanya untuk panel yang dilapisi pernis. Selain itu hindari penggunaan wax  berbahan dasar silikon karena bisa menyilaukan akibat terlalu mengilap. 

25. Bagian mana dari kolong mobil yang harus diwaspadai? 
Yang termudah adalah bagian dalam sepatbor. Bagian ini paling kotor karena kotoran dari ban langsung terlempar ke sepatbor. Berikutnya adalah bagian dalam bumper sebagai tempat yang paling jarang diperhatikan. Lainnya adalah daerah seputar as roda, suspensi dan kondensor AC yang sering terlupakan karena posisinya sulit. 

26. Apa itu quick clay? 
Produk ini adalah bahan untuk mengangkat zat atau kotoran yang membandel di bodi mobil. Bahan dasarnya adalah tanah liat. Digunakan setelah proses mencuci selesai dengan cara menggosokkannya secara halus pada bagian yang dianggap menyimpan zat hasil kontaminasi dengan kotoran dari luar. 

27. Apa yang harus diperhatikan saat membersihkan plafon? 
Jenis dan material plafon. Plafon jenis gantung relatif mudah untuk dibersihkan, seperti pada Toyota Avanza. Jika jenis cetak seperti pada Honda CR-V harus dijaga agar tidak terlalu basah sehingga membuatnya turun. Kain beledu juga lebih sulit karena jika terlalu kuat saat menyikat akan merusak kainnya. 

28. Bagaimana cara mengaplikasikan semir ban? 
Yang terpenting Anda harus memastikan ban sudah bersih dan kering. Semir ban sendiri umumnya terdiri dari dua jenis, cair dan jel. Supaya rata, maju atau mundurkan mobil untuk mencapai area yang tadinya bersinggungan dengan aspal. 

29. Bolehkah mencuci di mesin pencuci otomatis? 
Atas dasar kepraktisan, hal tersebut bisa dilakukan. Namun yang patut Anda perhatikan adalah kualitas kain lap yang digerakkan secara otomatis. Secara kasat mata Anda pasti bisa membedakan yang bagus dan tidak. Kami juga tidak menyarankan Anda melakukannya terlalu sering karena kencangnya putaran mesin lap berpotensi mengakibatkan baret di bodi. 

30. Bagaimana menjaga kebersihan bagasi? 
Lantaran posisinya yang terpisah dengan kabin, bagasi kerap dilupakan kebersihannya. Padahal mengingat fungsinya sebagai tempat barang, berbagai jenis kotoran dapat dengan mudah hinggap di dalamnya. Cara termudah membersihkan adalah dengan vacuum cleaner. Jika ada noda, bersihkan dengan bahan yang biasa dipakai untuk mebersihkan bahan fabric. Semprotkan deodorizer untuk menetralisir bau tak sedap. 

Penulis : Susanto Ari
Baca Selengkapnya →Rahasia Cara Cuci Mobil !

The Hot of Nissan Juke for Nissan Juke Lovers !


Ini Dia Spesifikasi Nissan Juke Paling Hot



TEMPO.COLondon-Setelah berbulan-bulan menyimpan informasi tentang Nissan Juke versi ekstrim, Nissan Juke R, akhirnya jatidiri mobil crossover itu terungkap. Meski mengusung mesin yang sama dengan Nissan ''Godzilla'' GT-R V6 twin turbo 3.800 cc, namun tenaga dan kemampuan akselerasinya tak sedahsyat GT-R.
Dalam pernyataannya seperti dilansir laman autoevolution.com, Rabu, 4 Januari 2012, Nissan Motor Divisi Eropa mengatakan Nissan Juke R mampu melesat hingga 257 kilometer per jam. Mobil ini pun mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam tempo 3,7 detik.
Performa Juke R masih kalah bila dibanding saudaranya, Nissan GT-R. Sedan sport mewah ini mampu melesat hingga 311 kilometer per jam serta berakselerasi 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 3,5 detik.
Harus diakui kemampuan Juke R jauh diatas rata-rata performa varian crossover yang ada saat ini. Apalagi Nissan tak cuma mewariskan mesin GT-R saja. Pabrikan itu juga memoles tampilan Juke R agar matchingdengan performa mesinnya yang gahar. Sayang, Nissan hingga kini belum mengungkapkan berapa Juke R akan dibanderol.
Nissan Juke versi reguler yang ada di pasaran saat ini memiliki kapasitas mesin 1.500 atau 1.600 cc. Selain itu tersedia pula varian bermesin diesel K9K 1.500 cc DCI turbocharger bertenaga 110 daya kuda dan mesin bensin 1.600 cc MR16DDT turbocharger bertenaga 190 daya kuda.

ARIF ARIANTO
Sumber : tempo.co
Baca Selengkapnya →The Hot of Nissan Juke for Nissan Juke Lovers !

Green Car, Ferrari Curi Start !

(berinfonet.blogspot.com)Ferrari terkenal dengan mobil manufakturnya dengan tenaga kuda dan kekuatan yang menakjubkan, 

desain yang sempurna dan terlihat keren. Sebagian besar mobil yang bercatkan 
merah mengkilap telah menjadi impian banyak orang dan 
sebagai simbol kebanggan bagi sebagian orang yang mungkin bisa membelinya. 
Namun, waktu pun berubah dan karena dunia kehabisan sumber daya yang tidak dapat diperbarukan, 
ferrari memfokuskan beralih ke mobil yang memanfaatkan kekuaatan mereka dari sumber yang 
terbarukan dan ramah terhadap lingkungan. 
Produsen mobil masih jauh membuat sebuah mobil balap dengan 
tenaga listrik yang sebanding dalam 
kinerja dan jarak tempuh ke mobil bahan bakar berbasis. 
Namun ferrari sudah berencana untuk membangun sebuah mobil balap dengan konsep yang ramah lingkungan. 
Dan mereka merekomendasikan mobil balap masa depan yang ramah lingkungan untuk produsen seperti ferrari

dan inilah 10 mobil ferrari dengan konsep ramah lingkungan


Ferrari Hypercar Hybird
Desain ini dirancang oleh desainer terkenal turki, kazim doku. 
Mobil ini adalah masa depan mobil balap ferrari, 
yang didasarkan pada mesin hibrida. 
Mobil ini telah dirancang dengan menuju mobil masa depan 15 tahun lagi.


Ferrari Xezri

Dirancang oleh samir sadikhov azerbaijan, 
Xezri terinspirasi oleh ferrari 250 cabriolet gt. Sadhikov yang telah mengusulkan sayap belakang di atap yang akan mengaktifkan kecepatan lebih dari 125 mph dan meningkatkan penyaluran udara serta pendinginan mesin dengan membuka asupan udara.



Ferrari EGO

EGO singkatan dari emotional generation one. 
Ini adalah konsep hyper car untuk tahun 2025. Konsep ini merupakan penggabungan dari kekuatan besar dan kinerja indah. 
Desain sebenarnya terinspirasi dari ferrari p3 dan p4 / 5 
dan telah dirancang oleh mahasiswa dari istituto d'arte applicata e desain [iaad].



Ferrari Imola

Desain ini terinspirasi oleh ferrari f70 dan akan dijalankan pada mesin v6 hibrida. 
Konsepnya adalah spider dan memberi bentuk trapesium ke head, gril dan lampu ekor, 
yang akan berubah dengan memberi tampilan yang khas.
Ferrari ini memiliki mesin yang sangat besar, 
dan akan berbicara untuk kekuatan mesin.



Ferrari millenio

Didesain oleh marko petrovic, milenio difasilitasi dua tempat duduk dan mobil sport yang dijalankan dengan dua motor listrik, yang akan mengalihkan memakai energi dari panel surya. Mobil ini menggunakan kombinasi bahan yang membuatnya lebih kuat dari baja dan lebih ringan dari serat karbon.
Materi yang disebut adalah backypaper dan terdiri dari karbon nano-tabung. 


Ferrari f250
Konsep ini didesain oleh idries omar yang mempunya mesin 2.l v6, yang dijalankan dengan bio-bensin. Mobil hampir menyentuh tanah 
memiliki mesin tengah. Mobil ini dinamai ferrari 250 gto.secara khusus, ferrari telah memperkenalkan beberapa bio-besin mobil berbasis seperti f430 spider yang dijalankan dengan etanol. 


Monza ferrari

Komputer telah menyusup setiap bidang dan tampaknya merancang konsep ini,
iman maghsoudi telah membayangkan hal itu benar, 
memberikan desain untuk mobil ferrari masa depan yang akan diambil alih oleh komputer setelah kecepatan melebihi 200 km / jam. Mobil ini telah dirancang melebihi pesawat terbang dan pengemudi duduk di kokpit mengendalikan mobil dengan komputer. 
Bagian belakang mobil terdiri dari dua sirip yang besar yang membantu dalam penyaluran udara dan mobil bisa mengubah desain berdasarkan kecepatan untuk aerodinamis maksimum.


Ferrari modulo revival concept 

Ferrari modulo didasarkan pada ferrari 512 modul s, yang pertama kali diperkenalkan kepada dunia pada 1970 geneva motor show. 
Desain dari modulo baru diperkenalkan oleh emmanuel laffon de mazieres dan bastien petelot. Roda telah bergabung di dalam tubuh mobil, 
sementara atap dan pintu adalah bagian dari kaca. Ini adalah salah satu konsep mobil yang paling aerodinamis yang bertujuan untuk mengurangi rolling resistance. 
Desainnya membantu dalam mengurangi koefisien drag dari mobil, 
ketika sedang dijalankan dengan mesin-listrik. 


Ferrari hy-kers hybrid concept
Hy-Kers adalah kendaraan hibrida, yang didasarkan pada 599 gtb fiorano, dan ditampilkan di geneva motor show. Konsep ini mengurangi emisi karbon-dioksida sebesar 35 persen. Baterai ditempatkan sangat bawah untuk menjaga pusat gravitasi yang rendah dan menghemat ruang interior. Hal ini mampu memproduksi 107 tenaga kuda dan £ 111-ft torsi dan akan dimasukkan ke produksi dalam waktu sekitar tiga sampai lima tahun.


Ferrari 'eternita'


Mobile Ferrari Eternita ini dirancang oleh mahasiswa hongik university di korea selatan. 
'eternita' seharusnya dijalankan pada mesin hidrogen-hibrida yang tidak kompromi dalam kekuatan dan hasil dalam rendah emisi. 
Hal ini dirancang untuk menyediakan bahan bakar efisiensi optimal dan top-notch kinerja. 
Roda belakang yang dimasukkan ke dalam body dan bertujuan untuk mengurangi drag, 
sementara alasnya yang ceper dan hampir menyentuh tanah. 
Mobil ini memenangkan Ferrari Design Contest Dunia tahun 2011.

Baca Selengkapnya →Green Car, Ferrari Curi Start !

Harap dibaca ! Bagi Pemilik Toyota Avanza 1.300 cc A/T, Manual.


Foto : Pekik Udi Irianto

(autobildindonesia.com)Inilah varian Toyota Avanza 1.300 cc bertransmisi otomatis pertama yang diperkenalkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM). Ketika diluncurkan Avanza 1.3 S mendapat sambutan yang bagus, sayang masa produksinya hanya sebentar. Cuma 2 tahun dengan total produksi sekitar 150.000 unit. 

Oya, selain merupakan Avanza pertama bertransmisi otomatis, 1.3 S juga menjadi varian pertama yang menggunakan sistem katup variabel VVT-i, serta rem dengan ABS. 

Daya tarik mobil ini adalah resale value  yang bagus. Saat ini di bursa mobkas DKI Jakarta ia ditawarkan di kisaran harga Rp 120-125 juta. Depresiasinya sangat rendah, sekitar 5-6% dari harga barunya. 

Tipe ini juga laris diburu. Maklum saat ini konsumen perkotaan mulai menyukai varian mboil bertransmisi otomatis. Maklum jalanan ibu kota sekarang terasa semakin macet saja setiap harinya. Kehadiran mobil nirkopling akan meringankan beban berkendara. 

Kemampuannya membawa orang menjadi bahan pertimbangan banyak orang. Avanza 1.3 S bisa menjadi kendaraan keluarga, dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk ritual mudik Lebaran setiap tahun. 

Konsumsi bahan bakar yang efisien dan mesin yang tangguh merupakan bahan pertimbangan lain larisnya produk ini. Dan tak kalah menarik adalah harga spare part  yang relatif terjangkau. 

History 
PT Toyota-Astra Motor (TAM) pertama kali mengeluarkan Avanza 1.3 S bertransmisi otomatis pada Agustus 2004. Inilah model termahal Avanza saat itu. 

Sangat sedikit perbedaan di sisi eksterior dibanding varian 1.3 G manual. Cuma logo VVT-i, S, winshield laminated  berkelir hijau, kaca belakang dengan defogger,  serta aplikasi warna baru Black Mica menjadi ciri khasnya waktu itu. 

Perubahan paling banyak terjadi di interior. Ini gara-gara kehadiran tuas transmisi otomatis 4-speed  dengan jalur segaris bernuansa krom. Slot karcis di dasbor sudah tidak ada, gantinya adalah tuas sirkulasi udara yang mudah dijangkau. 

Instrumen dasbor juga ditata ulang. Odometer dan trip meter digital duduk manis bersama spidometer serta takometer analog. Oya, indikator posisi transmisi dan rem ABS juga ditampilkan di sini. 

Mesinnya menggunakan tipe K3-VE – sama seperti model 1.3 G – namun mesin 1.300 cc DOHC ini sudah menggunakan teknologi VVT-i. Saluran buangnya juga sudah dilengkapi catalytic converter  sehingga ia memenuhi standar emisi Euro2. Makanya Avanza 1.3 S wajib minum bahan bakar tanpa timbal. 
Kesimpulan 
Toyota Avanza 1.3 S A/T merupakan pilihan bagi anda yang ini membeli People Carrier  tangan kedua yang punya mesin andal, konsumsi bbm irit, dan harga spare part  yang terjangkau. Tinggal kelihaian Anda menemukan mobil ini yang jadi penentu. Maklum mobkas yang satu ini tak akan pernah lama berada di showroom  sebelum diboyong peminatnya.  
Perhatikan 
• Oli transmisi 
Saat ini Avanza 1.3 S A/T yang berkeliaran berusia 5-6 tahun. Makanya anda perlu periksa kondisi oli transmisi otomatisnya. Saran kami, sebaiknya ganti saja cairan tersebut. 

• Electric fan 
Mobil yang sudah berumur ini Anda perlu memperhatikan komponen kelistrikan, khususnya electric fan.  Penyakit yang umum terjadi pada komponen pendingin ini adalah mati akibat keausan pada motor pengerak atau kerusakan kabel. Kalau ini sampai terjadi, temperatur mesin akan langsung naik tinggi. 

• Kaki-kaki 
Kondisi karet-karet sil, bushing,  dudukan suspensi, atau komponen suspensinya sendiri perlu diperiksa dengan cermat. Umumnya sudah getas atau aus akibat usia atau pemakaian. Cek dengan mendengarkan bunyi-bunyian yang muncul saat melewati jalan rusak atau menikung. 

• Kampas rem 
Pada mobil bertransmisi otomatis, peranti pengurang kecepatan ini lebih cepat aus. Maklum ia paling sering dipakai atau ditekan saat dibawa jalan. Jadi sebaiknya periksa kondisinya dengan cara mendengarkan bunyi-bunyi yang muncul saat mobil direm, atau dengan merasakan kedalaman injakan pedal rem.  
Checklist 
• AC 
Pemilik mobil kerap lupa merawat peranti penyejuk udara kabin. Sering ditemui kasus sejak baru hingga 5 tahun kemudian tidak pernah melakukan servis atau pembersihan AC. Akibatnya AC tak bisa menghasilkan pendinginan yang cukup. 

• Remote kunci dan alarm 
Penyakit yang umum terjadi adalah remote control yang tidak terhubung dengan baik. Bisa karena baterai remote control  sudah soak atau ada perubahan sensitivitas pada modul alarm. 

• Lampu depan 
Pada Avanza berusia 4-5 tahun biasanya lampu depannya sudah kotor sehingga terlihat buram. Jangan panik. Problem ini bisa diselesaikan sendiri dengan jalan membersihkannya atau dengan memanfaatkan jasa salon mobil. Yang peting, kabel-kabel atau sistem kelistrikan di bagian ini masih bagus. 

• Bodi 
Pelat bodi Avanza relatif tipis. Periksa apakah masih mulus dan tidak ada kerusakan atau gelombang.  

Berapa biaya yang harus dikeluarkan? 
Toyota Avanza 1.3 S VVT-i A/T 2004 Rp 118 juta 
 2005 Rp 123 juta 
 2006 Rp 131 juta 
Edwin Prihadi, Kepala Bengkel Tunas Toyota Mampang 
Transmisi otomatisnya sangat bisa diandalkan. Untuk yang memakai ATF Dextron III bisa diganti hingga 40.000 km. Namun, buat Avanza 1.3 S A/T yang sudah memakai oli transmisi tipe T4 bisa hingga 100.000 km. 

Tidak ada perawatan khusus pada peranti penyalur tenaga mesin ini. Anda hanya cukup melakukan pemeriksaan atau pergantian berkala yang diatur di panduan servis pemilik. Selebihnya tidak ada masalah berarti di bagian ini. 

Memang biaya perawatan atau pergantian oli transmisi otomatis lebih mahal ketimbang varsi manual. Ini berkaitan dengan kompleksitas sistem yang dimiliki transmisi otomatis. Misalnya untuk mengganti seal  transmisi otomatis pekerjaannya lebih susah ketimbang mengganti komponen yang sama di transmisi manual.  


Penulis : Dwi Wahyu R
Baca Selengkapnya →Harap dibaca ! Bagi Pemilik Toyota Avanza 1.300 cc A/T, Manual.

Kayak Judul Pelem "The Avanza Killer" Serem !


rumor: Sosok Avanza Killer Milik Honda?
By devetek On 27 Jul, 2012 At 09:22 PM 
(beritacyber.com) - Honda telah memastikan membuat mobil jenis low MPV (Multi Purpose Vehicle), yang akan dipasarkan paling lambat akhir 2014 di Indonesia.

Mobil tujuh penumpang yang diplot Honda untuk bisa meredam laju si kembar Avanza-Xenia, Nissan Grand Livina, dan Suzuki Ertiga terus menjadi perbincangan hangat.
Berbagai spekulasi bentuk desain mobil yang mengambil platform Brio pun muncul di dunia maya. Bahkan, baru-baru ini, sketsa gambar mobil itu muncul di India yang berasal dari sejumlah desainer lokal di sana.
Meski begitu, Honda tidak berkomentar tentang gambaran desainer tersebut. Tapi, dengan adanya gambar itu, kira-kira publik mempunyai gambaran sosok MPV tersebut nantinya.
Honda akan meluncurkan MPV Brio 2014 setelah pabrik keduanya mulai beroperasi di Indonesia. Diperkirakan MPV Brio akan dibekali mesin 1.5 liter iVTEC –saat ini digunakan Jazz dan City.
Honda berupaya menekan harga MPV Brio agar relatif terjangkau, namun tetap memiliki fitur yang unggul di kelasnya. Seperti transmisi 5 percepatan otomatis dan CVT gearbox.
Langkah lain untuk menekan harga adalah menyingkirkan pintu geser yang diadopsi Freed, dan menggantinya dengan pintu konvensional
Sumber : beritacyber.com
Baca Selengkapnya →Kayak Judul Pelem "The Avanza Killer" Serem !