Rahasia Cara Cuci Mobil !

Jumat, 12 Oktober 2012

Rahasia Cara Cuci Mobil !



(autobildindonesia.com)Mencuci mobil adalah pekerjaan yang menyenangkan. Namun akan berubah menjadi bencana jika salah dalam proses mengerjakannya. Kami kumpulkan beberapa hal yang umum ditanyakan mengenai proses mencuci mobil. 

1. Bagaimana jika mobil langsung dikeringkan setelah terkena hujan? 
Kadang kita mengambil langkah praktis dengan langsung mengeringkannya. Padahal di sekujur tubuh mobil masih tersimpan kotoran halus yang berpotensi menyebabkan baret jika dilap. Anda tetap harus menyiramnya lebih dulu untuk memastikan kotoran seperti pasir halus sudah hilang. 

2. Apakah fungsi spons? 
Karena sifatnya mampu menyimpan air dalam jumlah besar, spons digunakan untuk meratakan sampo di permukaan bodi mobil. Tidak disarankan untuk membilas atau mengeringkan karena spons mudah menangkap kotoran sehingga berpotensi menyebabkan baret halus. 

3. Bolehkah memakai sikat kawat untuk mencuci mobil? 
Sikat ini sangat abrasif. Ia hanya dipakai untuk menyikat sisi dalam sepatbor. Dengan catatan, sikat plastik yang dipakai telah gagal untuk mengenyahkan kotoran. Penggunaannya pun tidak terlalu sering karena akan merusak lapisan anti karat. 

4. Bisakah menggunakan jet washer untuk mencuci mobil? 
Sepanjang listrik di rumah Anda memadai, tidak ada masalah. Selain memudahkan, penyemprot bertekanan tinggi ini juga memiliki aksesori berupa nozzle lain yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan berbeda. 

5. Kain apa yang paling layak dipakai untuk mencuci? 
Ada dua: chamois alias kain kulit sintesis dan kain mikrofiber. Saat meratakan air, kain mikrofiber lebih layak digunakan karena sifatnya yang dapat mengangkat debu halus dari permukaan. Sementara chamois digunakan saat proses pengeringan, dan mikrofiber kembali digunakan untuk finishing sehingga tak ada air tersisa. 

6. Bagaimana cara membersihkan pelek alloy? 
Pelek modern memiliki karakter mirip dengan bodi mobil. Makanya perlakukanlah pelek layaknya mencuci bodi mobil. Jangan menunda untuk membersihkan karena mudah muncul jamur. Hindari pemakaian sikat untuk membersihkan karena akan menimbulkan baret halus. 

7. Mengapa baret tetap timbul walau sudah pakai kain mikrofiber? 
Kain mikrofiber bukan alat untuk menyulap mobil menjadi mengilap. Perlu trik saat menggunakannya. Seperti tidak mengelap dengan cara diputar serta membersihkannya setelah digunakan. Selain itu, kain ini memiliki batas waktu pemakaian yang efektif untuk membersihkan. 

8. Bagian bodi mobil mana yang paling mudah terserang jamur? 
Kap mesin. Posisinya yang landai membuat air lebih sulit mengalir. Akibatnya air mengering di tempat dan mengakibatkan jamur tumbuh. Begitu pula dengan panas dari mesin yang mempercepat proses mengeringnya air. 

9. Bagaiman dengan atap mobil? 
Karena lebih sulit terjangkau, membuat malas membersihkannya. Padahal atap mobil mirip seperti kap mesin. Meski tidak ada mesin di bawahnya, panas dari kabin akibat dijemur di bawah terik matahari juga berpotensi mempercepat proses mengeringnya air. 

10. Bagian mana yang pertama dibersihkan saat mencuci mobil? 
Bagian terkotor yakni seperempat bodi ke bawah. Semprot dengan air bertekanan untuk meluruhkan kotoran dan kemudian diseka untuk menuntaskannya. Setelah itu, naik ke bagian tertinggi dan terus turun hingga paling bawah kembali. 

11. Bagian mana yang kerap terlupakan saat mencuci mobil? 
Area-area terpencil seperti tuas pintu, emblem, sela-sela seputar spion samping, wiper, rumah foglamp dan celah antara pintu dan panel bodi. Bagian ini kerap terlupakan saat mengeringkan karena letaknya seringkali tersembunyi. 

12. Perlukah rongga di dalam pintu dibersihkan? 
Perlu, karena di dalamnya banyak bersembunyi kotoran dan debu. Apalagi jika karet kaca sudah getas sehingga kotoran mudah menyelinap ke dalam. Apalagi selain membersihkan rongga pintu, Anda dapat memeriksa dan merawat power window dan tuas pintu beserta penguncinya. 

13. Penyakit apa yang menghantui kaca mobil? 
Sama dengan bodi, kaca rentan terhadap jamur dan jelaga. Namun implikasinya lebih berat, terutama kaca depan. Karena penyakit tersebut dapat mengganggu visibilitas. Bersihkan kaca dengan cairan pembersih piring untuk kondisi darurat dan tambahkan air wiper dengan cairan pembersih kaca untuk merawatnya. 

14. Bolehkah bodi mobil dilapisi wax? 
Silakan saja sepanjang diaplikasikan setelah mobil dicuci bersih. Jika tidak, sama saja memberi perlindungan pada jamur dan kotoran yang hinggap karena fungsi wax untuk melapisi. Sebaiknya mobil bisa dipoles terlebih dahulu, yang disusul wax. Begitu pula untuk perawatan rutin wax digunakan. 

15. Bolehkah mengelap sisi dalam kaca? 
Silakan saja. Apalagi bagian ini sering timbul bercak seperti bekas tangan atau lainnya. Yang harus diperhatikan adalah pastikan kaca benar-benar kering saat finishing. Tidak ada noda air tersisa yang dapat mengganggu pandangan dan jika dibiarkan lama akan menumbuhkan jamur. 

16. Bagaimana membersihkan panel kayu dan krom? 
Kedua panel tersebut umumnya telah diberi lapisan pernis agar terlihat mengilap dan melindungi dari kotoran. Membersihkannya pun mudah karena hanya bermodalkan kain bersih dan air. Pastikan kering sempurna agar tidak menimbulkan bercak dan hindari dari cairan pembersih karena justru akan merusak. 

17. Bagaimana mengangkat noda dari bahan fabric? 
Yang termudah adalah menggunakan air hangat dan sikat nylon. Jika gagal, cairan pembersih kain yang banyak beredar dapat digunakan. Jangan terlalu lama mendiamkan noda pada kain karena semakin sulit untuk menghilangkannya. 

18. Mengapa kaca spion bagian dalam buram? 
Jika Anda perokok, hal itu disebabkan asap rokok. Namun jika tidak, itu bisa terjadi akibat kotoran dari luar menempel dan membentuk lapisan minyak. Seperti halnya kaca depan, cairan pembersih piring atau pembersih khusus kaca bisa membersihkannya. 

19. Bagaimana jika ingin mencuci ruang mesin? 
Tidak disarankan mencuci ruang mesin. Apalagi jika memakai penyemprot air bertekanan. Perlakuan itu dapat mengakibatkan mesin bermasalah karena sistem kelistrikan terkontaminasi air. Jika kondisi mesin sudah terlalu kotor, gunakan engine degreaser yang banyak beredar di pasar. 

20. Bagaimana cara menghilangkan aspal di bodi mobil? 
Cuci dan keringkan mobil. Selanjutnya perhatikan area yang berpotensi terkena cipratan aspal. Gunakan tar and bugs removal untuk menghilangkannya. Hal serupa dapat dilakukan untuk mengusir sisa serangga. 

21. Bagaimana membersihkan kotoran pada bahan kulit? 
Kulit mudah dibersihkan karena pori-porinya halus. Cukup diseka dengan kain setengah basah oleh air hangat. Tapi jika sudah mengering, leather and vinyl cleaner dapat digunakan. Aplikasikan leather conditioner untuk menjaga kelembaban kulit agar permukaannya tidak mudah getas. 

22. Bagaimana cara membersihkan kolong kabin? 
Yang termudah adalah menggunakan vaccum cleaner. Arahkan ke segala sudut terutama kolong bangku. Turunkan karpet plastik dan sedot debu yang menempel di karpet dasar. Jika bahannya plastik, dapat dilap dengan kain setengah basah. Di pasar juga tersedia pembersih karpet mobil. 

23. Seberapa penting menjaga kebersihan kain fabric? 
Sangat penting. Hal ini karena bahan tersebut memiliki pori-pori besar yang berpeluang menyimpan debu dan kotoran. Cara termudah melihatnya adalah dengan memukul bangku berbahan fabric. Dijamin debu akan berterbangan dan Anda pun yakin akan pentingnya menjaga kebersihan kain jenis ini. 

24. Bagaimana cara merawat wood panel? 
Perawatan wood panel  bisa menggunakan cairan khusus dari produk-produk car care  yang ada di pasar. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan wax, dengan catatan hanya untuk panel yang dilapisi pernis. Selain itu hindari penggunaan wax  berbahan dasar silikon karena bisa menyilaukan akibat terlalu mengilap. 

25. Bagian mana dari kolong mobil yang harus diwaspadai? 
Yang termudah adalah bagian dalam sepatbor. Bagian ini paling kotor karena kotoran dari ban langsung terlempar ke sepatbor. Berikutnya adalah bagian dalam bumper sebagai tempat yang paling jarang diperhatikan. Lainnya adalah daerah seputar as roda, suspensi dan kondensor AC yang sering terlupakan karena posisinya sulit. 

26. Apa itu quick clay? 
Produk ini adalah bahan untuk mengangkat zat atau kotoran yang membandel di bodi mobil. Bahan dasarnya adalah tanah liat. Digunakan setelah proses mencuci selesai dengan cara menggosokkannya secara halus pada bagian yang dianggap menyimpan zat hasil kontaminasi dengan kotoran dari luar. 

27. Apa yang harus diperhatikan saat membersihkan plafon? 
Jenis dan material plafon. Plafon jenis gantung relatif mudah untuk dibersihkan, seperti pada Toyota Avanza. Jika jenis cetak seperti pada Honda CR-V harus dijaga agar tidak terlalu basah sehingga membuatnya turun. Kain beledu juga lebih sulit karena jika terlalu kuat saat menyikat akan merusak kainnya. 

28. Bagaimana cara mengaplikasikan semir ban? 
Yang terpenting Anda harus memastikan ban sudah bersih dan kering. Semir ban sendiri umumnya terdiri dari dua jenis, cair dan jel. Supaya rata, maju atau mundurkan mobil untuk mencapai area yang tadinya bersinggungan dengan aspal. 

29. Bolehkah mencuci di mesin pencuci otomatis? 
Atas dasar kepraktisan, hal tersebut bisa dilakukan. Namun yang patut Anda perhatikan adalah kualitas kain lap yang digerakkan secara otomatis. Secara kasat mata Anda pasti bisa membedakan yang bagus dan tidak. Kami juga tidak menyarankan Anda melakukannya terlalu sering karena kencangnya putaran mesin lap berpotensi mengakibatkan baret di bodi. 

30. Bagaimana menjaga kebersihan bagasi? 
Lantaran posisinya yang terpisah dengan kabin, bagasi kerap dilupakan kebersihannya. Padahal mengingat fungsinya sebagai tempat barang, berbagai jenis kotoran dapat dengan mudah hinggap di dalamnya. Cara termudah membersihkan adalah dengan vacuum cleaner. Jika ada noda, bersihkan dengan bahan yang biasa dipakai untuk mebersihkan bahan fabric. Semprotkan deodorizer untuk menetralisir bau tak sedap. 

Penulis : Susanto Ari

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Pasang Emoticon !

Posting Komentar