Whiskey Jadi Bahan Bakar Alternatif.

Sabtu, 06 Oktober 2012

Whiskey Jadi Bahan Bakar Alternatif.

Profesor Tangney Jadikan Whiskey Bahan Bakar Alternatif

Saat isu bahan bakar fosil makin menipis, professor
 "edan" ini menemukan solusi bahan bakar dengan
 tetap berpesta dan senang-senang!

Carmall.com - Sudah bukan rahasia lagi, jika kebutuhan bahan bakar fosil di dunia sudah hampir melebihi kapasitas produksi. Ini menyebabkan celah untuk penemuan baru bagi bahan bakar kendaraan.

Namun langkah cukup unik dilakukan oleh Martin Tangney (47 tahun) warga Skotlandia, yang tidak pernah lupa dengan minuman khas negaranya whiskey. Tangney juga mempunyai visi bagi Negara dan minuman tradisionalnya demi masa depan yang lebih baik saat memunculkan ide mengubah sisa pembuatan whiskey menjadi bahan bakar untuk kendaraan.

Ia mendirikan perusahaan Celtic Renewables Ltd, perusahan yang bermarkas di Edinburgh, untuk mengembangkan teknologi untuk memproduksi biobutanol dari ampas pembuatan whiskey di skotlandia. Bulan lalu perusahaan Tangney telah menandatangani kerja sama dengan perusahaan Whiskey, Tullibardine Ltd, dalam pembuatan bahan bakar alternatif ini.

Teknologi pembuatan biobutanol ini bukan hal yang baru. Seabad yang lalu bahan tanamanan untuk pembuatan butanol sudah ditemukan untuk pembuatan aseton. Bahkan pada perang dunia pertama aseton tersebut dibuat untuk menjadi bahan peledak.Teknologi ini kemudian menghilang di tahun 1960-an saat pertrokimia menggeser biobutanol dengan produksinya yang massal.

Celtic Renewables Ltd memproyeksikan keuntungan sebesar 97 juta dollar Amerika Serikat untuk setahun produksi meski masih dijalankan secara bertahap. Industri ini beberapa tahun kedepan juga akan menyedot tenaga kerja serta investasi kerja sama. Sejauh ini perusahaan telah mengumpulkan sumbangan sebesar 750.000 poundsterling dan memiliki 5 orang tenaga kerja.

Usaha Prof Tangney ini bisa jadi inspirasi bagi pengusaha di Indonesia untuk mengembangkan industri ramah lingkungan sertaprofitable bagi keberlangsungan hidup manusia.

Well, prof, Carmall.com akan mendukung usaha Anda dengan tetap berpesta dan bersenang-senang demi masa depan bumi yang lebih baik. Toast!! (Setyo Adi)

Sumber : id.carmall.com

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Pasang Emoticon !

Posting Komentar